Arsip Tag: cdi dc

Modifikasi pro series/black engine dengan pengapian honda tiger

Siang gaes!! Tak bahas pengapian lagi…modif pengapian memang kendala terbanyak pengguna gl dan cb…biar enak dan lampu terang tentunya

Sering kali api dibusi tiba-tiba hilang! Dicek cdi normal…busi baru…. Nah biar kendala terselesaikan pengapian pro seris diganti pengapian tiger! Api gede dengan cdi ac….pengisian aki full wave…

Pertama2 siapkan spul tiger….bak magnet masih pake pro seris ya…karna spul tiger punya keren/ anker besar magnet juga pake tiger!…karna magnet tiger udah saya jual saya mengantinya dengan magnet pro/megapro….sama saja sih


sekarang tinggal dirakit ya bos….mesin blar…pengisian juga joss…gl/cb bisa pake kampu H4 yg langsung dicolok aki… 
Karna saya pake magnet gl pro neotek…saya juga nggeser posisi sensor pulser…
Mau coba??? Pokoknya hokya2….joss…dah gitu dulu ya…kwetemu truk ato bis malam gak keder deh….lampu h4 60watt bisa terpasang dgn mantab!

Membuat jalur kabel/kelistrikan pada Honda CB dan GL tanpa Aki pada sistem pengapian DC

malam bos…bro…sista…gimana kabarnya?? semoga malam jumat ini semua dalam keadaan baik…amieen

langsung to the point ya…Membuat jalur kabel/kelistrikan tanpa Aki pada sistem pengapian DC!! Yup…Emang bisa?? tentu saja bisa…Saya sendiri bukanlah biker yang punya kendaraan standar pabrik…lebih senang oprek sana sini. Nah..Jika selama ini pabrikan mendoktrin bahwa sistem pengapian DC itu harus dan wajib mengandalkan aki…kali ini doktrin itu saya pupus…mosok kalo DC wajib pake aki…hehehehe…

PRINSIP KERJA PENGAPIAN DC

bahasan kali ini diulas secara mendasar saja ya..biar pada faham!! Contoh pengapian CDI sistem DC adalah pengapian Shogun kebo 110cc. CDI shogun kebo adalah CDI DC dan cukup legendaris…pakem yang umum…CDI ini mengambil arus dari aki…karna aki adalah sumber arus DC..dan jika akinya sowak…motornya ikutan mogok dan gak mau hidup. Bagaimana jika arus suplai CDI diambil dari Spull/magneto?? Bisa nyala gak mesinnya??

CDI shogun kebo dan kiprok CBR 150R...siap dirangkai

CDI shogun kebo dan kiprok CBR 150R…siap dirangkai

Arus yang dihasilkan oleh Spull-Magnet merupakan arus bolak balik/AC…jika dilewatkan ociloscope akan keluar grafik sinusoidal/sinus…dimana arus akan naik turun (+/-) membentuk gelombang sinus…. Nah arus dari spull ini bisa kita manfaatkan untuk mensuplai kebutuhan CDI DC dengan cara memutus gelombang sinus menjadi 1/2 sinus sehingga gelombang yang ada berbentuk 1/2 lingkaran. dalam ilmu elektronika pemutusan gelombang dikenal sebagai rangkaian penyearah…bisa 1/2 phase atau 1phase penuh….jika sudah disearahkan..maka arus yang keluar dari rangkaian ini berupa arus DC…. Nah alat penyearah ini bisa berupa dioda bridge atau dalam otomotif dikenal sebagai KIPROK. Jadi jika arus dari spull dilewatkan kiprok…maka setelah keluar arus yang dihasilkan berupa DC (direct current)….

kiprok honda CBR 150R

kiprok honda CBR 150R

Lanjut…..Pada Motor CB dan GL atau Honda Umumnya..kabel spull biasanya terdiri dari beberapa warna yang berupa kabel

Kabel PUTIH  sebagai jalur pengisian

Kabel KUNING sebagai jalur lampu

Kabel Hijau Sebagai Massa/Ground

Kabel Merah-Hitam sebagai jalur spull (untuk pengapian AC)

kabel spull dan kiprok disambung...tidak pakai aki tidak apa2

kabel spull dan kiprok disambung…tidak pakai aki tidak apa2

jika kita memakai CDI DC jalur kabel merah-hitam dipotong dan di nonaktifkan. cukup 3kabel saja yang dipakai…kuning…putih dan hijau. dari spull kabel kuning masuk kiprok disambung kabel kuning juga. kabel putih masuk kiprok disambung dengan kabel putih juga. kabel hijau kiprok dan spul dijadiin satu lalu dibaut ke rangka sebagai massa. Nah pada kiprok akan tersisa 1kabel yaitu kabel merah. Nah kabel inilah yang disambung ke (+12v) pada CDI….dengan disambungnya kabel ini..otomatis CDI DC tidak perlu lagi memakai AKI…dan cerita touring nyetep motor yang mogok gara2 aki soak tidak akan terjadi.

woke mas bro..semoga sharing ini bisa membantu dikala darurat…amieen…

 

Modifikasi dan Membuat sendiri cdi unlimiter untuk honda CB dan Gl

Halo mas bro….sehat??? Semoga kita semuwa dalam lindungan allah yg maha agung….amieeeen

Beberapa hari ini saya galau…pengen pasang cdi ac atau dc…spul proneotek yg dc+cdi saya sudah punya….cuma aki dan kiprok blm ada….sedang jika pasang yg ac saya punya spul tiger…tapi cdi blm punya….iseng2 search google cari cdi yg murah…eh.malah nemu rangkaian cdi grand yg katanya un limiter….benarkah unlimiter???

gambar skema cdi astrea grand yang telah ditulis beberapa blogger

gambar skema cdi astrea grand yang telah ditulis beberapa blogger

Jika dilihat dari scr yang dipake yaitu tipe 2P4M kok gak yakin nih cdi unlimiter…karna scr tipe ini bekerja pada frekuensi dimana sistem akan non aktif di rpm 12000. Lumayan lah dari pada rpm mesin dicut pada rpm 8ribu seperti halnya mesin2 baru sekarang ini….

Nah…tentu bisa dong dimodif biar rpm tidak nyangsang di rpm 12ribu….misal ditambah sehingga menjadi 14ribu rpm….hehehe….

jeroan cdi astrea grand ori yang telah dibongkar

jeroan cdi astrea grand ori yang telah dibongkar

Simpel kan isinya….itu original astrea grand yang katanya unlimiter lho ya…bagi beberapa yang usil biasanya SCR diganti dengan seri lain seperti halnya BT 151. dengan penggantian scr maka limit rpm sudah tentu bergeser..jadilah serasa pakai cdi racing!! tapi sayang cdi grand ini cdi basic yang tidak dilengkapi thermistor…sehingga ketika suhu komponen berubah maka waktu picu/timing dari pengapian akan bergeser…tapi kalo cuma buat dicantolin ke mesin cb jahat sudah cukup mumpuni…nyatanya selama ini pemakai cb dengan cdi grand minim keluhan…iya tho… woke besok kalo ada waktu saya akan praktek bikin cdi ac yang jozz gandos yang tentunya lebih woke performanya daripada CDI standar….

tetap sehat tetap kreatif dan salurkan bakat modif anda dengan bijak…salam blar..blarr….