Powder coating….ngecat kekinian,murah kok!!


Well…masih bersama penulis angot2an yg cukup dikenal didunia maya…..mas…mbak sebelum masuk bahasan cat powder coating pernah dengar istilah pulung gantung?? Istilah ini ada digunug kidul. Dulu saya dan istri dipertengahan tahun 2001 pernah melakukan penelitian di daerah kemejing gunung kidul. Fenomena bunuh diri karna merasa sendirian dlm menghadapi kerasnya hidup. Orang gunung kidul percaya jika pada suatu malam ada pulung berwarna merah meluncur dilangit ketika malam belum larut….maka itu salah satu tanda bahwa malam itu ada orang yg berniat bunuh diri…..sepi,sendiri,sakit menahun ditambah kerasnya hidup menjadi pemicu utamanya…..hemmm..kok akhir2 ini kejadian tersebut menyeruak kembali…..halah opo tenan?? Dulu saya bersama pamong desa ketika melakukan pengumpulan data memang ya benar2 terjadi….

Wes ceritanya dilanjut lain kali…well powder coating….istilahe susah…iya ini cat mesin jenis baru di industri rumahan.tapi dijogja kususnya cukup banyak! 
Banyak yg penasaran tentang harganya prosedur dan lain sebagenya. Kalo mau ngecat apa harus dikupas dulu? Waktunya lama gak? Jenisnya apa saja….etc

Ok..proses awalnya ya harus di klotok dulu cat yg lama…baru di blasting/disemprot pasir. Tahap selanjutnya masuk ke larutan chemical. Yg terbuat dari almu tipis atau plastik  dan karet akan hancur kena larutan chemical. Tahap terakhir ya pengecatan dgn serbuk cat!

Finshing cat sendiri bisa glossy,dof ataupun sand finish/kulit jeruk. Kita cukup bawa barang yg akan dicat….dan keluar dari pengecatan terima beres. Lama pengerjaan berkisar 1-2minggu 

Cat powder coating sendiri mampu menahan beban 5kg/cm². Dengan ketebalan diatas 0.4mm menjadikan cat ini cukup kuat dan awet.

Untuk harga ya ber3variasi antara 400-600rb utk sebuah rangka/frame motor.motor2 spesial enjin yg biasa menerapkan jenis cat ini….tertarik  ngecat dgn sistem powder coating????

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s