Starko (Starlet-Koplak) ngowoss…jebol radiatornya…ini solusi ala Mat Giper, Murah dan Simpel

Hari senin mungkin hari ciong kali ya……!!! Pada pagi harinya begawan ke Klaten….maen kerumah temen lama…dah setaun gak ketemu!! Padahal sedari SMA sampe lulus kuliah selalu bareng…setelah kami berdua meriied aja hidup sendiri2 ..ngeloni bojone dewe..dewe….jam sembilan dah sampe rumah juragan arip…rumah barunya cukup mewah…digarasinya ada escudo dan sebuah BMW baru dari diler….kata sang empu yang jadi direktur prima grafika grup ini….si escudo sangat boros…menurutnya, diisi 50rebu aja cuma bisa jalan gak sampe 50km…wekekekeke….

juragan muda prima grafika grup

rumah seharga 1/2 milyar..cukup sederhana untuk seorang pengusaha muda yang sukses

begitu kap mesin dibuka…wow mesin sudah pake header kompetisi…wajar jika konsumsi bbm 1:4…xixixixi..akhirnya solusi secara teknis dah didapat!! spare part pengganti siap diborong!! aneh juga…seorang engineer mesin kagak gablek ngurusi mesin…eh malah gape bikin perusahaan beromzet milyaran pertahun!!…tapi kayaknya sulit menggapai impian si escudo kayak si sutaretto….karna konsumsi bbm si sutar mendekati 1:20 (luar kota)…bhuahahahahaha….

hari sudah sore…orang2 rumah dah pada pulang, gak enak kalo masih ngobrol gak jelas dan sehari ini telah men-cancel beberapa janjian dan rapat dengan klien!! meski jalanan diguyur ujan deres…tetep sisutar digeber menyusuri derasnya sore menjelang malam!!….setelah melewati lampu merah jononalan..hati merasa kagak enak..mesin kok mendesis…dan bener saja…temperatur yang menunjukkan setengah dalam hitungan detik melonjak menjadi full…mentok diatas…..woooo…semprul….pelan2 mobil minggir dipekarangan rumah penduduk!!begitu kap mesin dibuka..suara ngowos kenceng terdengar…dalam kondisi gelap dan ujan deres gak kelihatan asal kepulan steam yang keluar!! yang pasti bukan dari radiator yang bocor!!…suara ngowos dah ilang…tutup radiator tak buka…langsung isi lagi radiator yang kosong!! dikolong mesin ada bekas uap air campur karat kering…ternyata sumber bocor dari joint antara rumah pompa dan sambungan hose radiator!! tapi kenapa pas keadaan dingin tidak ada bocor??? apa karena tutup radiator yang gak buka di posisi 0.9 Bar???

setelah minta belas kasihan penduduk…mereka memberikan air dan botol aqua yang gede!! sip….mobil melaju kembali…kali ini kipas radiator aku by pass….jadi begitu mesin nyala kipas dah aktip!! prambanan telah lewat…tanda2 over-heat lom muncul….begitu sampe per tigaan piyungan…tiba2 temperatur menunjuk 1/2…kembali mobil minggir di tepi jalan….ngowosnya memang terlihat jelas dibagian hose tadi!! ritual ini begawan jalani sampe mobil masuk garasi rumah…dari klaten berhenti ngisi air sebanyak…5kali!! tiap berhenti ngisi sebanyak 2liter ato 1/2 dari kapasitas si radiator starlet yang 4.6 liter!! anehnya bantul-terminal klaten PP cuma habis bengsin 5liter!! dengan jarak tempuh lebih dari 120KM…irit juga hehehehehe….

Hari selasa jadi hari paling melelahkan minggu ini!! dari kompor dirumah yang meleduk di sela bongkar2 mesin si sutaretto!!!..langsung saja jalur radiator dibongkar!!…

Sisa karat yang ikut keluar bersamaan steam yang ngowos dari pompa radiator

terlihat jelas...socket yang penuh karat dan bolong2...steam ngowos lewat situ...

woooo…..karat yang cukup parah!! telpon tetangga yang jadi juragan bengkel radiator….solusinya cukup mahal!! ongkos serpisnya aja 100ribu…belom biaya rekondisi yang mewajibkan bongkar mesin dan ngelas…ini dan itu!! biaya bisa 400ribuan bahkan lebih!! mana kompor ambyar karna melduk lagi….hawdeh…dompet bisa kering campur pusing!!…dari pada pusing ambil rokok deh…setelah habis 2batang…cari barang2 di gudang…sapa tau ada yang bisa dipake!! akhirnya dapat alat pel lantai….Cling…ide pun muncul disela2 kepulan asap rokok!!

alat pel....bisa buat ngepel lantai yang basah karna radiator bermasalah..hehehe...

alat pel ini siap dimutilasi!!! yup…karna ukuran gagang pel ini sama…yaitu 3/4 inchi…maka tinggal dipotong aja!! Kenapa pake gagang alat pel…gagang ini terbuat dari alumunium yang diameter luarnya sama atau lebih kecil dari diameter dalam pipa besi…meski sama2 ukuran 3/4…

alat kerja....buat motong gagang alat pel

siapkan alat2nya!!

1. gergaji sand flex madein smk sweden…harga 10rebu

2. amplas ukuran 1500 harga 2rebu

3. lem pvc harga 7rebu

4. sealer merah kecil harga 10 rebu

5. klem ukuran 1inchi (yang lebar) harga 3rebu

6. selotip pvc 3rebu

gagang pel dipotong dan dilapis selotip pvc...jangan lupa selotip dikasih lem biar gak lepas

nah kalo sudah…pasang pada socket yang karatan tadi….nih hasilnya!!

pipa pengganti socket yang kropos sudah terpasang!! rakit kembali hose dan klem yang kuat

begitu tertancap dengan kuat di dalam socket…tinggal dirakit kembali hose radiator dan klem yang kuat!!! prosesi reparasi jalur radiator selesai!! tinggal tuang air kedalam radiator dan mesin siap dinyalakan!! Jreng…..mesin kembali menyala dengan halus….iseng2 ngecek oli mesin dari deep-stick…ternyata oli masih bening….soalnya baru menempuh 800KM…!! Prima Xp lumayan okelah…meski air radiator kosong…ternyata mesin tidak sampe mlengkung kepanasan!!!….kira2 begitulah kisah, dihari senin dan selasa…cukup menantang untuk dihadapi…bisa bertemu dengan teman lama..share dan bongkar2 mesin….ngatasi hose radiator jebol…dan ditutup dengan beli kompor dan masak2 bersama keluarga dimalam yang hujanya deres banget!!!….thanks for all…..semoga bermanfaat

24 thoughts on “Starko (Starlet-Koplak) ngowoss…jebol radiatornya…ini solusi ala Mat Giper, Murah dan Simpel

  1. pinterr kreatif

    .tuh di sok aja emang ngga ada dratnya mas bro?

    jan jane naksir sutarleto…..paling jauh jalan kemana mas bro…?

  2. wah kejadian juga dulu sama suzuki GV saya, slang radiator ke heater sobek… alhasil beli ember di indomaret sama mulung botol bekas di tempat sampah..

    Setiap pom bensin isi air radiator dan ember.
    sampe rumah tak potong trus sambung lagi tu slang radiator.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s