Subsidi BBM, seperti limbah dalam got!! Susah untuk dijernihkan….

Hem….bahas BBM gak ada habisnya…tahun2 kemaren konversi dari minyak tanah ke lpg menjadi hal heboh…2tahun berturut2 kebakaran melanda berbagai daerah akibat bocornya gas!! Intinya subsidi minah dan beralih jadi LPG sukses….itu duit hasil berhemat kemana larinya ya???? kok gak ada laporan publiknya…genah2 yang jadi tumbal karna rendahnya pengertian akan tetek-bengek gas banyak sekali!!

Masyarakat tidak tahu

dulu..simbah2 pada bilang kalo indonesia merupakan negara kaya…dari hasil bumi sampe minyak!! Itu kan dulu…kenyataan yang ada…gula import, kedele import…beras import….sapi import, sampe buah2an yang ada di etalase kedai buah juga import!!….mereka juga gak mau tahu bahwa minyak juga import…tahunya bahwa kekayaan indonesia diangkut perusahaan asing dan indonesia cuma dikasih ampas!!! keadaan yang begini ini yang membuat pemerintah dalam keadaan dilema….produksi minyak terus menurun untuk kapasitas perharinya…..padahal gejolak korupsi tidak bisa ditahan…!! apes tho…kok bisa sih?? banyak sekali pos2 yang tidak ada anggarannya…padahal membutuhkan biaya tidak sedikit…kalo tidak memanipulasi keuangan di bagian lain…kegiatan2 penting ini tidak bisa berjalan…begitulah kira2 jalan berliku dan sesat yang ada di negri ini….

Jatah subsidi minyak

Tahun 2011, pemerintah membobol celengan hingga Rp 255,7 triliun untuk subsidi BBM. Komposisinya, Rp 165,2 triliun untuk transportasi dan Rp 90,5 triliun untuk subsidi listrik.
Kalau dari segi volume, kuota BBM bersubsidi mencapai 37,5 juta kilo liter (kl). BBM itu terdiri atas 21,9 juta kl premium, solar 13,9 juta kl, dan minyak tanah 1,7 juta kl. sepeda motor menenggak 40% BBM bersubsidi sektor transportasi darat, atau setara dengan 10,04 juta kilo liter. sedangkan  mobil pribadi nyruput 53%….mbuh itung2an kasar ini valid ato tidak..tapi rilisanya seperti itu!!

Pengalihan Jatah Minyak

muali april 2012..pemerintah mewajibkan R4 plat hitam menenggak pertamax….hem harganya juga mak-nyus…mendekati 9000rupiah perliternya. Jika mau irit…konversi dari premium ke gas juga tersedia…harga konverter cukup 8juta (bersubsidi) ato 15juta free subsidi….lagi2 orang2 berduit juga yang dapat subsidi….Bagaimana dengan mobil lama??? Mbuh….selama masih Plat hitam tetep pertamax!!

Bagaimana dengan TDL

wuuuu….ini dia yang selalu lolos dari sorotan orang…2/5 dari subsidi BBM diembat listrik negara….dan yang mengabiskan listrik tersebut ternyata kantor2 pemerintah, perusahaan2 swasta asing juga para cukong…..sementara orang2 dusun, kampung dan rakyat jelata tetap dalam keadaan miskin dan gelap gulita….jaringan listrik tidak nyambung ke kawasan2 ini….meski bayar pajek listrik itu mahal…mati listrik terus saja terjadi…piye ikie??

Nah bisa disimpulkan tho….bahwa yang miskin tetaplah miskin….yang kaya makin kaya!!duit hasil berhemat ngendap kemana juga gak tahu?? apakah akan dipake untuk pilpress 2014??? ato dipake buat gedung DPR yang baru??

yang jelas warga jakarta semakin hari semakin tua dijalan…karna transportasi publik masih sebatas impian. infrastruktur bukannya semakin baik…karna tanah juga amblas!! Siapa yang mau kedesa??? Hidup dalam kegelapan?? terjebak kemiskinan?? semoga tahun ini pembangunan infrastruktur tidak dimonopoli jakarta…ada baiknya daerah2 lain juga dibangun….agar semua rata…yah seperti musim mudik pas lebaran, orang2 gak numpuk disatu kota saja….

13 thoughts on “Subsidi BBM, seperti limbah dalam got!! Susah untuk dijernihkan….

  1. ” banyak sekali pos2 yang tidak ada anggarannya…padahal membutuhkan biaya tidak sedikit…kalo tidak memanipulasi keuangan di bagian lain…kegiatan2 penting ini tidak bisa berjalan…begitulah kira2 jalan berliku dan sesat yang ada di negri ini….”

    sad….but true..

  2. Sungguh ironi, hanya di Endonesa lah bensin bisa dipake buat memobilisasi politik. Menjelang 2014, subsidi BBM dicabut dikit demi sedikit dengan banyak efek kebelakangnya, pas mendekati hari ‘H’, hari paling akbar bagi rakyat Endonesa maka akan banyak ‘Dewa Penolong’ dadakan dengan memberikan janji surga berupa turunnya harga BBM, sandang pangan murah, pendidikan gratis, dst, dsb.

  3. mau dipikirin bikin muak,
    mau gak dipikirin kita kena imbasnya juga.. mbuoh wes !!!
    semakin apatis dgn apapun yg terjadi di negara ini, POLITIKUS KOTOR merusak segalanya !!

  4. Duit berhemat ya utk rapat-rapat di hotel mewah

    Utk beli mobil dinas mewah tiap tahun ( mbuh mobil tahun sebelumnya jadi milik siapa)

    Utk jalan- jalan ke luar negeri ( ini kerjaannya temen di sebuah kementrian) bersama anak dan istri. Dibayarin kantor lho.

    Utk studi banding ke luar negeri.
    ( seorang kenalan di dinas pendidikan abis jalan- jalan ke jepang)
    Seperti biasa, yg dibawa pulang adalah kantung-kantung belanjaan.

    Mental korup mah, kalo ada uang nganggur ya dihabiskan…

  5. Simple aja sih sebenarnya, pastinya warga negara pada mikir, daripada duit anggaran negara habis digerogotin ‘oknum’ mending gua ikut nikmatin uang subsidi BBM ini. Lu boleh masak gua kaga boleh? Kira2 gitu deh. Makanya jgn berharap semua ini bakal jernih persoalannya.
    Tapi untungnya saya kaga ikutan, soalnya mobil saya dari barunya udah minum oktan minimal 92 sampai sekarang. Bukannya sok suci sih, tapi sayang mobil aja, takut ntar kejadian lagi BBM oplos yg ngerusak fuel pump, belum lagi kalo sampai ngerusak komponen mesin daleman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s