Perijinan (Calon) Mobnas…..Jangan dipersulit ya……..

EseMKa..digadang2 bakal jadi mobil nasional…Malah Jokowi dan Wakil walikota sudah klinong2 pake mobil. sayang mobil dikandangkan karna masih ilegal….lha iyo…mosok walikota ngasih conto gak baik kan saru (gak patut ditiru)!!

ternyata betul…ini mobil memang prototipe…alias masih contoh. dari beberapa media juga disebutkan bahwa untuk lolos uji gak kelar2 dari tahun 2009….walah, katanya malah diping-pong!! sepertinya antara lembaga pemerintah yang satu dengan yang lain gak klop!!…ya maklum lah indonesia kan birokrasinya jlimet…bikin akte kelahiran saja susahnya minta ampun…apalagi yang ginian. tapi ada benarnya juga….lha birokrasi sulit saja bisa kong-kalikong pake jalur tol…apalagi mudah…bisa2 semua pada korup!!

dulu begawan juga pernah jadi kuli di manufacturing oil en gas (EPC)…kebetulan ngurusin LPG tank transport

dari bahan impor dari cina sampe test jalan!!

Syarat tangki beginian bisa ngaspal sangatlah rumit…sepadan dengan harganya yang menyentuh 1,4milyar….untuk satu unitnya. Untuk tangkinya pake bahan SA 516 (plat boiler) dengan tebal 22-25mm…sedang pemegang/braketnya pake plat jenis hardox (bahasa pasar/brand)….Untuk sasis pake H beam dan IWF carbon steel…dan untuk kaki2…pake 1set merek York!!

Apakah lokal content??? Sori..seribu maaf…bahkan untuk pabrik sekelas Krakatau steel saja gak sanggup menyediakan bahan bakunya!! LPG tank ini (kecuali Ban) semuanya Import….Baja di import dari Cina..sedang untuk pressure gauge dan kaki2 dari Amerika!! Yang bikinan indonesia cuma stikernya aja, bahkan untuk cat saja harus import dari India bro..pake Hempel Hempedur!! Dari bahan baku…semua difabrikasi di Indonesia (Kawasan Industri Gajah Tunggal)…..dari gambar (blue -print) rancangan hingga jadi barang…semua didaftarkan di Depnaker!! Acc dan segala tetek-bengek juga dilakukan disana…Ini gak gratis bos….butuh dana tidak sedikit…kalo lobi2 gak sukses…nih mobil cuma mangkrak digarasi pabrik!! Jika sudah Clear…maka uji tipe harus didaptarkan di Dishub!! Gratiskah??? di indonesia untuk masalah beginian gak ada yang gratis….

apakah uji kelayakannya berbelit-belit???

nih tangki bisa ngaspal harus lolos uji…meski bahan baku bikinan Cina…bahan harus menjalani uji spektrograpy dan uji tarik harus Acc di Puspitek serpong (selaku badan yang berwenang)…nah….hal2 yang beginian ini memang butuh orang2 yang ngerti lika-liku legalitas prosedur!! kalo gak tahu bakal dicuekin…karna pekerjaan mereka juga gak cuma ngurusi satu orang saja!! pastinya serasa diping-pong deh!! dan yang perlu di ingat setiap tahapannya perlu Acc….bahkan untuk baut yang dipasang pun harus ada sertifikat sesuai setandar yang dipakai diindonesia…gak asal nempel!!!

Kebijakan Kontradiktif

jika hal2 macam beginian sudah dipahami oleh juragan2 yang dipercaya memegang Mobnas…gak bakal deh, ada kata2 diping-pong!!…dan lebih baik lagi jika orang2 yang memegang mandat legalitas tidak berbelit2 dalam memberikan approval…asal lolos mutu langsung acc…pasti cepat deh ijin beginian…

lantas bagaimana dengan kebijakan wajib pertamax dan pajak progresif???!!! inilah hal2 yang mengganggu pertumbuhan nasionalisme!! nasionalisme gak cuma sekedar bacot thok….kayak yang komen misuh2 itu….sok nasionalis..tapi lebih cinta produk eropa..amerika…dari nike,reebok, tag heurer, swiss army…bahkan aku juga yakin mereka gak naik poligon kalo ber-aktivitas…lebih suka pake yamaha-honda…nek mung kayak gitu yo gur sama kayak aku!!…bagaimana akan diserap pasar kalo faktor pendukungnya dihambat…harusnya ada kebijakan…yang pake mobnas free pajak progresif dan bebas pake premium!!! sehingga masyarakat akan terpicu untuk beralih ke produk dalam negeri!!!….

oh..iya…legalitas gak agak dikeluarkan kalo cuma sekedar coba2….harus ada lembaga resmi yang punya ijin usaha dalam hal ini perusahaan sebagai penggaransi kendaraan itu layak jalan….kalo sebatas bengkel…itu cuma mimpi…..bakalan diping-pong terus!!

asli bikinan jatake tangerang!!! sayang bahan bakunya dari Cina.......

9 thoughts on “Perijinan (Calon) Mobnas…..Jangan dipersulit ya……..

  1. 516 bukannya bisa dibuat di gds surabaya? tapi memang, birokrasi indonesia mirip dgn jalan kampung, banyak gang dan persimpangannya.

  2. wajar ruwet krn urusan bisnis pasti yg sdh mapan tdk mau terusik. Contoh apple aja sampai mati2an melawan samsung. Sedang birokrasi yg ruwet nah itu baru produk asli dalam negeri, karena ruwet itu makanya butuh “jalan tol”. Salah satu contoh jln tol itu ya apa yg dilakukan joko wi (sy bukan pemilih joko wi wong bukan org solo tp mbantul, dan tdk cocok juga dg dg pdip). krn setelah itu, semua tertarik utk membahas, mengamati dan memberi masukan (termasuk blog ini). Program utk smk ini sdh dirancang dan sdh berjalan lama. Pameran juga sdh berkali kali tapi baru sekarang bisa heboh, dan itu pasti mengangkat moral siswa2 smk. disisi lain juga mampu menarik minat ortu dan siswa utk masuk smk. tentu efek paling sederhana jadi banyak lulusan yg terdidik dan terlatih yg bisa diserap industri baik nasional ataupun internasional.
    mengenai nasionalisme, kayaknya nggak sesimple cm pakai produk dalam negeri trs nasionalis, karena jaman globalisasi sekarang tidak ada negara yg tidak bekerjasama dg negara lain. Ingat nike pun ada yg buatan tangerang, sy dulu kerja di pabrik tekstil juga memproduksi kain untuk levis, mark & spencer pun buatan ungaran.

  3. jika TOP to BOTTOM akan mudah…
    faktanya TOP-nya meskipun tentara trnyata letoy bro….tak berkutik..
    ngomong dimulut… memuji..mndukung…tapi cuma retorika…
    sama sekali tidak punya mimpi….

    beuhh…

  4. “…nasionalisme gak cuma sekedar bacot thok….kayak yang komen misuh2 itu….sok nasionalis..tapi lebih cinta produk eropa..amerika…dari nike,reebok, tag heurer, swiss army…bahkan aku juga yakin mereka gak naik poligon kalo ber-aktivitas…lebih suka pake yamaha-honda…nek mung kayak gitu yo gur sama kayak aku!!…”

    LIKE THIS GAN!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s