Masih yakin…..barang yang anda pakai bukan buatan china???

siapa sih yang gak kenal produk2 china…dari gunting kuku, bol-pen, mainan anak, korek gas, Hape….Bahkan suku cadang mesin pun dibikin di china!!! Kata orang barang dari china jelek….Dulu pas jaman saya kecil…sepeda yang ngetren juga merek cina….Orang kampung bilangnya sepedah RRT (Repoeblik Rakjat Tjina)….yang mereknya Phoenix……Sepedah jengki booming dan mengalahkan sepeda2 eropa pada masa itu….sepedah-sepedah lokal juga belum ada….

Dulu pas tahun 2000an…motor2 china juga merajai jalanan Endonesah….bahkan merek2 jepang sempat gak laku….sampai akhirnya mereka merilis motor murah seperti smash, vega juga legenda….Bahkan Gosipnya EN 125 juga di buat di Cina!!

Ketika browsing suatu produk kok saya juga terperangah…(weleh bahasanya lebay)…Ternyata produk yang ngakunya india juga diproduksi di China!! hehehehe….katanya raja mital orang Indihe…wew…jebul common part juga bikinan negri komunis!! Kapan ya Endonesa bisa seperti Tjina (Taiwan) atau China Daratan (RRC)….nih spy-shoot catalog produk china

barang merek india...pembuatnya tetep china

ternyata dikirimnya ke endonesa juga

so…kayaknya jadi aneh kalo sebagai pengguna otonotif kita sangat fanatik terhadap suatu merek dan terlalu menyanjung-nyanjung…..ntar yang jual pada ketawa sambil berkata….”dasar orang bego….makan tuh fanatisme….produknya tak kasih barang china yang katanya pada alergi!!!”

44 thoughts on “Masih yakin…..barang yang anda pakai bukan buatan china???

  1. menurut saya si masalah mindset aja soal produk china pasti kualitas rendah…
    masalahnya di china sendiri pun ada “grade kw” nya…nah yang dilempar ke pasar indonesia itu grade kw terendah…
    setau saya berdasar sodara yang pernah tinggal di china sono…

  2. cina tahun 50-an miskin dan sengsara saiki wis sugih dan modern
    indonesia tahun 50-an sengsara saiki yo esih sengsara wae:mrgreen:
    kakehan korupsi…

  3. Bikinan Cina tapi lisensi VW ya tetap saja bagus. Ana rega ana rupa. Cuma, biasanya kita milih yg buatan Cina krn harganya, lah itu yg bikin masalah. Barang murah kok minta bagus…

  4. masih yakin… TV samsung, LG, Polytron, Philips, ato merk yg lain, ato barang2 apapun dg merk apapun, bener2 dirakit di pabrik merk tersebut…??? wkwkwkwkwkwkwk…..

  5. China huebat karena benar2 didukung sama pemerintah, kalo disini cuma omong thok aja dibantu pemerintah…. buktinya banyak hambatan/birokrasi, mau berkembang dikit udah urus ijin ini itu yg berbelit belit, mau export aja bnyk document belum lagi pungutan2 di pelabuhan… pengusaha disisni dibuat ribet

  6. hegemoni luar biasa China.. tiap tahun china menerima data curian teknologi dari negara2 maju utk meningkatkan teknologinya.. mantab dah , otak dagangnya luar biasa..

  7. sebelom na saya minta maap dl yah….koment saya gak ada maksud menjurus ke sara….

    dari topik sampe koment anda2 sekalian , bikin saya ngakak guling glundungan…

    barang2 china dr yg terang2an d stampel sampe yg d tutup2in made in nya semua nya d “makan” semua nya tanpa melihat itu buatan yg nama nya wong chino….tp kenapa d kehidupan sehari2 wong2 chino kok d hina n d sakitin dr lahir sampe batin nya….

    jujur saja saya org china….agan2…tp saya sudah d muntahin ama mama saya d indo so saya org indo jg kan….wkwkwkwkwk

    inti nya jgn sia2in wong chino bro….negoro mu iki nak rak ono wong chino bakal dadi opo….^^v

    maap ya kl koment saya super sangat pedues buanget….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s