Balada Sakit gigi….Ala Dokter Semprul vs Pengemis!!

Muka kusut….mata melotot …….bibir ndomble, kira2 begitu setelah lebih dari sebulan sakit gigi…makan rasanya gak enak, padahal hidangan di meja warung sangat2 menggoda….kalo malam penderitaan bertambah…suasana yang hening menambah sakitnya yang rasanya sampe ubun-ubun!!

Meskipun takut…akhirnya begawan yo ke dokter gigi….dengan mulut yang bengkak dan mata melotot karena kurang tidur….ikut ngantri di ruang praktek dokter spesialis gigi…..hampir 2jam ngantri…mboh pasien satu aja kok ampe 2jam…gek ngopo wae ning njero….ndasku selak mumet rasane…

begitu masuk dokter cantik itu bertanya….”sakit apa mas??”…lhah…yo jelas sakit gigi to….mosok sakit spilis maenya ke sini!! dasar gemblung!! “dok..tolong cabut saja gigi saya yang bentuknya dah kayak lambang apple….”Maaf pak…untuk saat ini saya tidak berani mencabut gigi bapak..karena masih mengalami peradangan…nanti kalo sudah mereda baru saya cabut….” akhirnya dokter tersebut memberikan saya asam mefenamat…abal2 yang ada stempelnya generik untuk meredakan sakit gigi saya…..

berapa dok?? “250 ribu pak!!”……bajindul….larang tenan…mung asam mefenamat rego 3ribu kok disuruh bayar 200 ribu…opo tumon??!!! obat ini dipasaran dikenal sebagai ponstan…yang 1bijinya 2500perak….yo wis…akhirnya belum sampe rumah obat sudah ditelan….wooh…ternyata blas ora ngefek!!! lha iyo…kalo cuma hasilnya begitu aja ngapaen saya harus ke dokter…..

akhirnya saya telpon adek ipar yang kebetulan juga jadi orang yang berkecimpung didunia kesehatan…mbuh dia menerapkan tarif “tekak gulu” apa ndak….”ndut….punya asam mefenamat yang dosisnya lebih tinggi dari ponsatn gak??” dengan santai dia menjawab….ada mas…itu lho…obat pereda nyeri yang dipakai orang abis melahirkan ato habis operasi….sak renceng cuma 26ribu kok…nama patennya obat @*******@…!!

akhirnya sebelum nyampe rumah menebus obat yang dimaksut…”pak harus dengan resep dokter…” begitu kata sang apoteker…”nih ngomong saja sama adeku…dia juga dokter kok….” akhirnya obat tertebus…harganya juga gak dibandrol dengan HET….karena begitu diminum 10menit berselang sakit langsung mereda…tiap hari saya minum obat tersebut…..

Sayang meskipun saya sudah minum obat yang dosis tinggi..bengkak di bagian mulut tidak ilang….dan keampuhan obat lama2 memudar…wis ora manjur obate!! Asemm….bakal terhambat kembali kegiatan sehari-hariku…..

Suatu sore ketika sedang menyetir saya terpaksa minggir….sakit gigi yang sangat menjadikan kepala serasa pacah…ndase!!! disaat badan keluar keringat dingin tersebut dari luar kaca jendela saya diketuk seseorang……begitu jendela mobil saya buka terdengar kata2 lirih…”pak…minta sedekah pak……saya minta belas kasihan pak……”

pikir saya…dompetku mana nih…kok gak ada uang serebuan….!! Memang yang tersisa tinggal duit ceban ama pecahan 100ribuan…..akhirnya saya kasih 10ribu buat sibapak pengemis……ketika menerima uang 10ribuan dia malah terbengong2….sambil mengucapkan doa2 terimakasih dia terima uang tersebut………tapi dia tidak segera pergi….diaa malah bertanya….”kok mukanya pucet pak?? bapak sakit apa???…setengah berteriak saya menjawab “aku sakit gigi pak…….!!!”

sebentar kemudian dia mengeluarkan lintingan tembakau+cengkeh + uwur….di sodorkanya lintingan tersebut….”kalo sakit gigi ngrokok pak…biar sembuh!!!”…….haikkk…piye pak?? ngrokok??? karna udah sakit banget…tak iyain saja…lintingan yang ada ditangan pengemis tersebut saya hisap….!! Belum sampe habis lintingan tersebut….pusing dikepala saya mereda…..nDonyane dadi padang…………dan bapak tersebut sudah tidak terlihat lagi….

Lha ning ndi…tukang ngemis tadi?? kok wis menguap dari pandangan…..sebelum sampe rumah saya mampir warung…saya beli sebungkus rokok…..malam itu saya hisap 2batang sambil ngopi diteras rumah……rasanya nikmat poll….gak cuma sakit kepala saja yang reda….rasa nyeri dimulut berkurang jauh………….dan ketika pagi hari bangun tidur….wow…bengkak di mulut sudah mengecil….dan beberapa hari berikutnya sakit gigi saya sembuh!!!

………..Rokok pancen ampuh, benar apa yang dikatakan ahli kesehatan….bahwa rokok memang mengandung ribuan zat berbahaya yang sangat komplit…bahkan penyakit yang bersarang digigi pun modar setelah saya merokok!!! syaraf2 yang masih aktip dan begitu sensitip menjadi mati dan peradangan berhenti……makasih juga buat bapak pengemis……..makasih juga buat dokter semprul…………meskipun saya tetep keberatan dengan tarip berobatmu…soale blas tidak memberikan solusi….mungkin itulah hasil pendidikan negri ini….meskipun dongo…kalo bisa bayar 150juta tetep saja bisa jadi mahasiswa kedokteran….efeknya setelah jadi dokter bukanya nolong orang susah…ning malah nekak gulu…..

hal yang patut jadi perhatian…bahwa kesembuhan memang datang dari tuhan!!!

24 thoughts on “Balada Sakit gigi….Ala Dokter Semprul vs Pengemis!!

  1. Kok cuma dikasih pereda rasa sakit, antibiotiknya mana? Kalau nggak ada ya meradang terus. Itu tembakau berfungsi sbg antibiotik, mau lebih manjur, kunyah saja dgn gigi yg sakit. Tapi bener, dokter sekarang nggak perlu pinter, yg penting bisa bayar kuliah thok. Kadang lebih pinter apotekernya.

    • anu mas jok…dikasih obat kaput selaput, anti biotik ama pitamin….mboh lah…pokoke werno telu……lha sing nggapleki ki kok nganggo obat generik….hasil kong kalikong sama MR….

  2. cobo digowo neng tabib cino wetan bangjo wirobrajan masbro. prakteke neng nggon apotek, tp aku lali jenenge, pas e wetan bangjo wirobrajan kidul dalan, apotek e marep ngalor, biyen nate nambakke untuku neng kono iso metu ulere untu trs mari seprene.

  3. salah masuk gan- dokter spesialis gigi itu (Sp.BM/ Sp.KG/ Sp.Ort/ Sp.Perio/ Sp.PM/ Sp.Pros apalagi aku lupa…), bukan dokter gigi – (Drg) hehehehe_

    250k itu bisa dianggap jasa konsul- mungkin serupa dengan orang yang periksa jerawat parah pada dokter spesialis kulit kelamin (Sp.KK)

    Muka kusut….mata melotot …….bibir ndomble, kira2 begitu setelah lebih dari sebulan sakit gigi…makan rasanya gak enak, padahal hidangan di meja warung sangat2 menggoda….kalo malam penderitaan bertambah…suasana yang hening menambah sakitnya yang rasanya sampe ubun-ubun >>> koq masih bisa bilang-

    begitu masuk dokter cantik itu bertanya….”sakit apa mas??”

    ngakakabisabaikansaja*

    • iyo yak-e dok…soale tanggaku sing pengin duwe anak juga gitu….cuma ngobrol 5menit kon bayar 400ewu….wah nek karo aku we…rasah ngobrol…langsung tak gawekke …tur gratis……..##abaikan saja##

  4. cuma ngasi penjelasan aja dikit:

    – dokter gigi bukan cuma ngurusin sakit gigi dan cabut gigi, jadi wajar kalo dokter gigi nanyain ”sakit apa mas??”

    – dokter giginya memang secara SOP gak boleh cabut gigi dalam kondisi gusi bengkak, karena kemungkinan kegagalan anastesi yg sangat besar ( kecuali situ mau cabut gigi tanpa anastesi, silakan aja😛 ) dan kemungkinan meluasnya infeksi dan komplikasi2 lainnya

    – agan kalo ke dokter gigi spesialis emang rate konsultasinya (secara umum di jakarta) segitu, kalo mau yg jauh lebih murah bisa ke dokter gigi umum saja dulu. sudah jadi kesalahan umum pasien di negara kita ini, sakit biasa langsung nyari yg spesialis. mau yg jauh lebih murah tapi kualitas terjamin, ke rumah sakit gigi dan mulut yg dimiliki universitas yg ada FKG-nya.

    – sebenarnya bahan yg berkhasiat yg berperan dalam meredakan sakit gigi agan tu adalah kandungan cengkehnya. minyak cengkeh juga bisa dan biasa digunakan dokter gigi untuk meredakan sakit gigi, tapi hanya berkhasiat pendek dan dengan takaran tertentu. bila digunakan sembarangan dapat menyebabkan kematian jaringan syaraf giginya.

    – asmefnya semakin berkurang kekuatannya? semua obat emang begitu, apalagi kalo pasien sudah terbiasa menggunakan obat2an secara serampangan kayak kejadian agan pakai asmef dosis tinggi seperti kasus ini. lama2 agan gak bakal dapat efek dari asmef sekuat apapun.

    • iya gan….kebetulan ipar dan sepupu ane juga dokter….mereka cuma bilang…….”sakit di indonesia memang mahal mas…………makanya orang kere dilarang sakit!!!…..
      kalo obat…sih katanya dokter2 dah bikin perjanjian ama MR….makanya meski bayar mahal obatnya ya abal…abal….lha obat generik cuma 2500sak renceng…mana manjur……so akhirnya diwanti-wanti kalo obat suruh nebus dewe..yang punya merek paten!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s