Cam Tiger untuk Templar/pelatuk RRA + Kopling 6 per, 7 lapis!!! Sumpah…racun yang cukup untuk bikin demam

Kayaknya perlu di tegaskan disini bahwa…begawan sekarang bukanlah pengguna tiger ataupun Cb/Gl (dulu pernah punya)…apalagi punya workshop/bengkel…meski keinginan tersebut selalu muncul dalam tidur!!

Nah artikel2 ini hasil rekam jejak yang diperoleh dari bengkel teman2 yang memang jadi rujukan untuk modif motor…terutama tiger maupun Cb!! Ke-dua varian ini (Cb dan Gl) punya basic sama…meskipun dah ganti nama Tiger tetep ajah basicnya Gl..yah kalo melihat di foto kok begawan lagi oprek motor…itu cuma dimintain ama sodara…sedang alatnya cuma boleh minjam…hehehehehe…

Banyak yang tiap hari sms ataupun Pm…“bro..apakah RRA tiger gak masalah jika pake cam Original..soalnya profil cam-nya gak bulat telur???!!!”…nah pertanyaan kayak gini yang bikin pusing, woke akhirnya nanya langsung ke engkoh yang jualan mesin…”Koh Cam/noken buat RRA kayak apa sih, kok gak pernah lihat??” Lha si engkoh sang juragan cuma ngemeng…”Kan sama kayak punya tiger!!”

spy shot Cam RRA tiger

cam RRA dilihat dari sisi yang lain

coba deh bandingin dengan orinya Honda tiger!! Lihat dulu penampakannya

nah yang ini cam/noken asli honda tiger

monggo di pelototin…apakah camnya berbeda??? kalo dari durasinya jelas beda!! tapi pastinya begawan tidak tahu..soalnya gak punya alat buat ngukur…jangan coba2 pakai cam yang dibikin dewe/sendiri kalo gak ngerti itungan durasi cam…bisa2 mesin hancur dijalan ketika turing…Oh iya. banyak juga yang nanyain. cam untuk RRA tiger harganya berapaan?? sebenernya murah…cukup 200ribu dah bisa dibawa pulang, kalo satu set sekalian RRA…cukup dibayar 350ribu….hehehehehe…..

Kopling 6 per, 7 lapis…buat Honda tiger!!!Nah barang yang satu ini juga bikin komunitas Tiger gak nyenyak tidur!! Kayak apa sih bentuknya….????

tuh..koplingnya di jejali 6 per

wow…mantab rek!! Kenapa kok di sangga 6 per….??? Soalnya Kopling ini punya dimensi jumbo!! Biasanya motor sport cuma dibekali 5lembar kampas kopling…lha yang ini ada 7 lembar/7 lapis…wedyan!!

wow..kopling tiger 7lapis kampas!!

Lha apa gak berat??? Yo jelas lebih berat!! Disini terlihat bahwa fungsi 6per adalah untuk menekan 7lapis kampas….kalo cuma 4 per jelas gak kuat!!….dengan dimensi yang gede…ada keutungan dan kerugian!! Keuntungannya torsi badak langsung diperoleh dari Rpm/putaran mesin yang rendah….gas dipelintir sedikit tenaga sudah tersedia….!! Kerugiannya…mesin model seperti ini susah untuk diajak lari pada Rpm tinggi…apalagi model2 DOHC…wuuuu jelas gak main!! Harga cukup 300ribu sajah

So….terungkap sudah kalo RRA Tiger + Cam + Kopling 6 per 7lapis memang diperuntukkan mesin dengan Torsi melimpah dan tenaga diperoleh pada Rpm Bawah….Cocok buat turing, angkut2 beban berat atau buat grass-track!! Tapi akan kerepotan buat geber2an pada Rpm tinggi model road-race!!

Apakah Kopling 6 per bisa di aplikasi buat tiger???

bisanya sih bisa….tapi hitungan rasio gigi sekunder-primer pada Kopling 6 per beda dengan bawaan tiger!!!wuuuu…..nah ternyata gigi primernya seukuran punya Gl pro/neotech…harganya cukup bikin nyesek..karna meski barang kecil harganya 130ribu!!

gigi primer pada kopling 6 per

nah gigi primer inilah pasangan gigi pada mangkok kopling….kalo gak mau ribet…yang diaplikasi cukup tutup kopling 6per!!! sementara mangkok kopling dan jumlah kampas…tetep mempertahankan orinya tiger…sehingga diperoleh tekanan kampas yang merata (karena pake 6 per) tapi putaran mesin tidak berat karena hanya memakai 5lembar kampas (pake aslinya)…..

Untuk performa mesin cukup pake Cam/noken ori tiger…karena punya keuntungan rpm tinggi tetep bisa main dan suara lebih halus karena aplikasi RRA tiger….kayaknya cukup segini ajah deh penjelasan singkatnya….hehehehehe….

27 thoughts on “Cam Tiger untuk Templar/pelatuk RRA + Kopling 6 per, 7 lapis!!! Sumpah…racun yang cukup untuk bikin demam

  1. nah lho….gini ceritanya mas….motor honda sport merupakan generasi lama, meski banyak up-grade….sekarang udah jamannya pake RRA….diawali honda kharisma…bahkan pulsar juga dah apllied….karna profil asli cam tiger jarene curam…maka banyak yang kuatir kalo RRA gak awet….trus pada berbondong2 nguber Cam buat RRA….
    tenaga motor dah dapat nih setelah ganti ini-itu…percuma juga tho kalo tenaga gede tapi yang disalurkan banyak dikorupsi oleh kopling yang loyo…..maka dipasanglah kopling 6 per dengan kampas 7lembar….sayangnya rasio (modul) gigi bawaan tiger gak sama dengan kopling 6 per tersebut…ya mau gak mau harus ganti juga dengan gigi primer bawaan kopling 6 per …gitu kira2 penjelasannya….jadi intinya kalo tenaga dah galak…tenaga tersebut juga perlu disalurkan secara mumpuni lewat mekanisme kopling…..

    • heheheehe…kalo ninja mah tinggal ganti kenalpot ama di isi pertamax juga dah bisa lari 140kpj….lha yang ini dah dipermak-ini-itu segini2 ajah larinya….hohohohohoho

  2. jadi inget GP125 ku dulu. tak ganti seker vespa.
    kampas kopling tak tambahi satu tapi dikedua sisinya dipapas habis. istilahnya di surabaya “kopling ganjel”.:mrgreen:

  3. Mas, mau tanya soal RRA. setelah ane telusuri di pasaran ada dua jenis yang beredar ya. yg satu dari Taiwan dengan kode “WJ” dan yang satu lagi dari Thailand dengan kode “J” kira2 kalo dari segi kualitas mending mana? (khawatir jalur rollernya gak lurus sama jalur noken nya)

    jadi bimbang nih mau pasang RRA. kalo pake asli NMP bisa Pnp gak ya?

    Mas tanya lagi ya, (hee..) kalo mau pasang kopling 6 per tapi tetap mempertahankan jumlah kampas 5 (mau tetep bisa sampe rpm atas soale..) bisa PnP ndak? apa juga disertai dengan penggantian gir primer/sekunder?

    pertanyaan terakhir Mas, posisi warung dimana? ane di jawa timur…

    matur tengky yo mas..

  4. aku kemarin beli kopling kaki 6 merk HBM, kok cuma muat kampas kopling 5 doang ya..
    padahal pengen banget diaplikasikan dg 7 lembar kampas..

  5. mantap, pengen oprek neo biar bisa balapin ninja, kalau yang standar sering sudah, bagusnya pk yg ori atau kw ya untuk dalaman mesin?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s