CBR 250 memang KOYA!!! Pake Teknologi Mirip Unicam tapi mudah di Korek (Upgrade)

beberapa bulan belakangan begawan memang malas….malas bikin artikel tentunya!! entah itu yamaha, honda, kawasaki ato produk lainnya…habisnya tidak ada inovasi yang berarti………terutama buat motor yang ngaspal di indonesia!!!

Mungkin selama ini begawan bikin tulisan agak sinis…baik terhadap honda, yamaha ato suzuki atopun yang lain….bukan karena sakit hati ato mungkin di black list…enggak ada hubungan sama sekali….toh begawan sendiri bukan orang yang concern dibidang R2….cuma teman2 terdekat saja yang memang concern dibidang itu dan sering telpon untuk sekedar bertanya!!

tapi hari ini terasa lain….dari melihat artikel di tempate mas azyzy… welewh cukup surprise!! Gimana tidak….mesin cbr 250 yang single silinder itu disematkan teknologi sederhana yang sangat2 efisien!!! teknologi DOHC yang cukup simple….sebab mengalpikasi dasar mesin valve train milik honda yang terkenal di ranah garuk tanah…yaitu unicam!!! check aajah gambarnya

sistem valve serupa dengan system unicam secara terpisah (gambar dari warung DOHC)

nah sekarang bandingkan dengan sistem unicam yang digambar secara terpisah…..maka akan diperoleh prisip dasar kerja yang sama!!!

inilah sistem untuk exhaust valve pada mesin unicam!!!

perbedaan tentunya pada mekanisme penggerak klep secara keseluruhan saja…jika pada unicam punya satu poros yang menggerakkan 3cuping /cam….maka pada mesin honda cbr 250 punya 2 poros untuk menggerakkan 2cuping/cam….

gambar system unicam secara utuh..terdapat 3cam untuk menggerkaan 4valve dalam 1poros....sangat efisien

wow….dengan model mesin seperti ini…cbr 250 gampang sekali diup-grade jadi kenceng…tinggal pesen cam inlet ato outlet saja karakter mesin akan berbeda sifatnya….kalo pengin jos juga tinggal ganti ke-2nya….simpel banget!!! dengan cc 250 bisa diprediksi bahwa inilah penggati sejati mesin jambret rx-king!!! meskipun ada ninja 150 ato satria 120 ru….tapi mesin rx-king seolah tidak tergantikan….easy handling dan tenaga yang selalu full disetiap putaran sulit digantikan oleh motor2 yang lain!!! dengan cc yang lumayan gede dan desain yang kompak sudah pasti cbr 250 ini bisa menyamai sifat rx-king yang melegenda!!! semoga kiprah cbr 250 bisa lama…mengingat harganya juga menggoda meski tidak bisa dibilang murah…………….anda ingin rx-king 4tak dari honda??? sepertinya cbr 250 akan menjawab semua keinginan itu!!

mudah diganti....bengkel bubut banyak yang bisa membuatnya (gambar dari om azyzy)

39 thoughts on “CBR 250 memang KOYA!!! Pake Teknologi Mirip Unicam tapi mudah di Korek (Upgrade)

  1. ini baru blog otomotif beneran.
    nuwun wan pencerahannya, jd tdk pusing lg mikirin ninja ireng neng warunge pak camat. 40juta mending tuku anyar lah😀

    *blogku abal2.

  2. begawan kolor lurik, tolong diajari cara memperbesar pengapian satria 120 r, tapi tidak dengan beli produk after market koyo dc booster, koil racing, busi iridium lan sak teruse,. Kiro2 piye ya carane…

  3. hmm, masih ada yg masih mengganjal, di warung Bro aziz, begawan bilang cbr 250 bisa dibikin merip crf utk kompresi tinggi, tp td liat pameran di Batani Square, ternyata kompresi cbr cm 10,7 : 1 sama dengan CS1, kira-kira kenapa ga ditinggikan Kompresinya sehingga power lebih keluar?
    ane ada analisa dangkal : honda sonic power 13.5 ps kompresi 11, CS 1 kompresi 10.7 power 12.8ps, kompresi selisih 0,3 power selisih 0.7.
    Ninja kompresi 11.6 berbeda 0.9 dg kompresi cbr250, dengan menaikkan kompresi cbr sama dengan ninja dan perbandingan cs1 (regresi linear) cbr bisa dapet tambahan power 2.1 hp, jd 28 hp.

      • ga dibiki 11,6 sama dengan ninja Indonesia, kliatannya masih sanggup, yg nambah 2,1 itu hpnya.
        kl ane pribadi kl ada rejeki mau ambil yg abs, semuanya standar, walopun pingin yg repsol, setelah liat aslinya yg repasol lebih caem.

        bagi ane yg penting akselerasi buat nyalip angkot, trek dll, ma irit, ane bukan speed lover, ngeri dah ada anak istri, cm suka capek kl pelan banget.

  4. karakter mesin mungkin sama dengan rx king, tapi bobot, jarak sumbu roda dan posisi riding ? kombinasi itu yang buat rx king sulit tergantikan. jadi menurut saya biarlah cbr berjalan dengan kehebatannya sendiri, jangan disamakan dengan rx king

    • kalo posisi ridding gak nunduk banget ala fxr kok…cuma radius putar sangat2 beda…….tetep nyaman rx-king mas bro….dulu rx-king tercipta karena terinspirasi mesin legendaris XS 650cc…itu lah the real setan jalanan ditahun 70-an………

  5. minusnya satu aja kalu mau nggantiin king yaitu manuverability, dimana dengan rake cbr kelihatan lebih sempit dibandingkan dengan king, sehingga agak sulit ditekuk dibandingkan dengan king yg bisa ditekuk untuk lewatin celah2 sempit

  6. mesin mah semua juga bisa dioprek bos, pengapaiannya bisa ngak..?

    wong itu injection close loop, kok, klo ngga pake piggyback, open filter aja nggak disarankan kok..

    keriinggggggg…

    • kalo pertanyaanya bisa apa enggak yo jelas bisa….ini era digital mas bro….banyak sekali hacker yang siap njebol gembok ECU…mobil sekelas BMW aja bisa di mapping ulang kok apalagi cuma cbr……….dan tentu orang akan milih sebuah kendaraan yang bandel, simpel, powerfull dan memiliki gengsi tinggi….
      banyak sekali salah kaprah tentang injeksi…lha itu dirumah ada vixion milik adek saya udah diodel2…dan sejauh ini fine2 ajah….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s