Ketika Usia ku 29!!!

beberapa hari yang lalu (sabtu) usiaku genap 29 tahun….banyak sekali ucapan selamat di wall facebook….semua mendoakan kebaikan terhadapku…padahal disaat yang sama tubuhku terserak di atas spon yang tidak lagi empuk!! badan yang tipis ini kembali terhempas akibat liver yang telah beberapa waktu mendera ragaku…salahku juga, ketika usia belia telah melakukan beberapa ketololan yang tersamar dibalik “pencarian jati diri”!! tetapi semuanya tidak perlu disesali, selagi masih ada sahabat dan orang2 terdekat seperti “anak2 koboys yang sering mampir” dan istri tercinta itu lebih dari cukup…

ada beberapa hal yang bisa menghibur hatiku….sehari sebelumnya istri tercinta juga merayakan ultah yang ke 32…memang aku dulu familiar di kalangan “kakak-kakak” yang lebih senior ketika kuliah….hehehhehe!! dan sebentar lagi..jika 4jj l berkenan anak ke-2 kami juga akan menambah hiruk-pikuk gubuk kontrakan yang selama ini kami tempati….semoga nanti teman2 terdekat juga bisa ikut merayakan kebahagiaan itu….sungguh adil sekali tuhan yang maha segalanya…..

mungkin sudah lebih dari seminggu tidak aktif di blog….padahal hari2 juga dilalui seperti biasa..main bersama owner black-cat.wp….tetapi begitu malam mengganti siang…badan terasa letih sekali…ulu hatipun nyeri tiada terkira….”andai saja” sakit ini bisa mengurangi hukuman atas kebodohan yang telah aku lakukan barang 1menit saja di akhirat kelak….tak jadi apa….hehehhehehehe….

dihari minggu kemaren…ada temen yang bertanya tentang jupi mx..dan belom terjawab!! akan aku jawab disini saja…semoga beliau yang bertanya membacanya!! “jupi mx ku 3minggu ra dienggo..gur dipanasi 1menit sehari. Pertamane elektrik stater e ra kuat urip.trus tak jajal nggo tarikan..neng 70kpj mbrebet,ndut2an!! tapi nek diurut iso mlayu 100kpj. motore bar tak pasangi kunci rahasia soko koil..sekringe lumer…kira2 diagnosane apa ya??”

dah …aku jawab disini saja…kalo diagnosanya apa…terus terang saya bukan dokter!! hehehehehe

1. Masalah di panasi ato tidak bukan lah soal….tapi kalo lama gak dipake kok mbrebet..yo wajar soalnya pasti pake premium!! Premium dinegara kita lumayan jelek kualitasnya…kalo lama ngendap ada lapisan kuning..kayak lilin dan kadang malah ada semacam lumpur. kandungan air dalam bensin disinyalir menjadi faktor mbrebetnya motor….setelah lama tidak dipake air secara alami akan pisah dengan bensin…jika campuran tidak homogen..maka kemungkinan brebet sangat besar…untuk mengatasinya buang saja bensin yang ada di mangkok karburator…lakukan 2 ato 3kali…jangan lupa bersihkan busi dan hilangkan uap bensin yang terjebak dalam mesin selama tidak dipake…..

2.masalah aki kok gak kuat dipake start bisa disebabkan karena aki tekor selama dianggurin. maklum arus tetep terbuang selama ada kabel yang terhubung dengan massa aki. kalo lama gak dipake..lepas saja akinya dan simpan ditempat kering

3. untuk kunci rahasia yang bikin fuse/sekring lumer…kayaknya ada short pada rangkaian!! kalo boleh kasih saran…jangan masang kunci rahasia dengan memotong jalur dari Cdi ato koil…optong saja di ujung  (dikunci kontak) ato pangkalnya (di spool)….dengan adanya rangkaian pada jalur koil/cdi maka gelombang yang dihasilkan tidak sesuai dengan aslinya (cek pake osiloskop). dan biasakan kalo memasang perangkat tambahan gunakan relay….

semoga jawaban tersebut bisa membantu!! Maaf jika ada sesuatu yang kurang berkenan dan…mengganggu perasaan!!!

33 thoughts on “Ketika Usia ku 29!!!

  1. jebule katik rodo adoh mbi aku, mugi nggal bregas waras de Pakdhe, Amin..

    nambaih Pakdhe, urusan Jaket, kulo mpun trasfer satus, ukuranku ganti “L” mawon, jare Maskur nek awake pantaran panjenengan nggeh M keciliken terose, saged Nggeh, matur nembah nuwun…

  2. badan yang tipis ini kembali terhempas akibat liver yang telah beberapa waktu mendera ragaku…salahku juga, ketika usia belia telah melakukan beberapa ketololan yang tersamar dibalik “pencarian jati diri”!!
    *******************************************************************
    Kakean ‘depkes’an iki mesti, dadi kelingan jaman semono ugo podo2 dadi cah gemblung😀

  3. kulonuwun,
    menawi depkes nggih pun mantep niku..
    mbiyen jamanne paling canggih gur mangkat neng bekonang masrob.
    (dongane “semoga diberi kesehatan dan berkah dalam hidup” amin.)
    zwinggggghhhhh,,,,,…. ngedim,,,,……

  4. Selain minum obat dokter, sering-seringlah minum air rebusan daun sendokan & daun meniran (daun sendokan yg muda bisa juga dimakan sebagai sayur).
    Kalo bisa, direfleksi sendiri tiap hari :
    -dengan menginjak bal bekel
    -dengan menginjak papan yg diberi batang kayu sebesar pensil (cukup 2 batang saja, satu utk kaki kiri, satunya utk kaki kanan), ini bisa dilakukan sambil berbaring.
    Temanku dulu yg sudah parah, sekarang sudah sembuh aku terapi seperti di atas.
    Semoga cepet sembuh.

  5. Begawan, numpang OOT ada link, situs, ato blog tentang pendidikan yg bagus ga? pingin diskusi n meningkatakn kemampuan mengajar nih, lg pusing ngadepin murid-murid…

  6. oalah,jebule tuwekan akyu..tp itu tak berarti apa2,karena ilmu bukan soal umur..
    mugo2 ndang waras* yo kang..

    *waras versi suroboyo lho yo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s