Treatment plus-plus memang mahal….ada sih solusi yang cukup “KOYA”

Walah…mbahas area kemudi kok ketemunya heat treatment….gek bengkel sing mampu dimana tempatnya??…kira2 begitulah angan2 indah agar kuda besi sehat…kok bisa pecah ya…padahal shock GL pro abal2 KW 27 ajah buat turing ampe turun berok juga kagak mleyot…cuma 200ribu lagi…udah shock satu set + segitiga ama as roda depan!!!

hemmmm…penggalan diatas cuma perbandingan orang awam….analisa diartikel “KOYA” sebelumnya juga sebatas praduga…karena begawan memakai kata “seperti” patah getas!! seorang egineer sekalipun tidak boleh menjudge kalo sebuah part mengalami failure karena suatu hal tanpa adanya data pendukung yang sah secara badan hukum!! kerusakan karena getas bisa diteliti (diambil sampel) dan kemudian mengujinya dengan beberapa metode.

1. dengan cara visual ..dilihat dengan telanjang mata secara langsung…

2. dengan uji impact…hanya cocok dan biasa dipakai oleh kalangan akademis…

3. dengan uji tarik…sangat2 familiar dikalangan industri dan akademisi. hasilnya berupa grafik tegangan-regangan yang menunjukkan yield-strength dan elongasi (perpanjangan)!! patahan yang tanpa adanya gejala “necking” adalah ciri khas patah getas

semua spesimen/sampel diambil dan harus memenuhi kaidah2 yang ada dalam ASTM dan diujikan dibadan yang berwenang!! dimanakah badan2 itu….

1. di BPPT serpong lab mekanik tangerang selatan

2. di LUK Plumpang

3. di lab Material Univ. Indonsia depok

4.di lab material UGM

5. di Univ Sanata Dharma

6. tempat lain begawan lom pernah

Back to heat Treatment……Heat treatment memang penting dalam proses fabrikasi. Sayang tidak semua bahan bisa di heat treatment. beberapa material yang under-spek memang tidak akan bisa dilakukan proses tersebut!! So, untuk mengambil langkah HT harus uji komposisi mikro dulu..bisa dengan SEM atau yang lainnya…

Apakah Heat Treatment sudah cukup mengatasi masalah yang ada??

heat treatment hanyalah langkah awal..masih ada “acara” Post Heat Treatment…bisa berupa anealing, normalizing ataupun aging!!! nah acara plus2 inilah yang menelan biaya mahal. energi yang diperlukan untuk treatment tersebut sangatlah besar…sebuah tungku/oven/furnace model burner di PT.Krakatau Wajatama saja membutuhkan 900L-1200L Heavy Diesel untuk menyalakan tungku dalam waktu 1jam…sementara untuk prepare (pre-heat) furnace memerlukan waktu 8 jam!! Jika memakai Listrik dari PLN juga butuh tenaga puluhan ribu watt…dan harus 3fase (380V)!! PLN sendiri cuma sanggup menyuplai listrik Industri selama 5hari seminggu untuk Jabodetabek!! jika pabrik beroperasi 6hari seminggu maka 1hari harus memakai genset sendiri, sungguh dana yang tidak sedikit…..

Solusi Sederhana Area Kemudi Jika Memang sangat mengganggu keselamatan berkendara (Safety Ridding)

1. Ganti satu set shock dengan produk after market….sisakan as comstir ori….jika barang yang dipakai bagus pasti aman…kata orang jawa “ono rego-ono rupo”….begawan pribadi sangat yakin kalo pengguna kuda besi batangan punya dana untuk sekedar menggantinya.

2. Mengganti Upper-Bracket (pemegang shock bagian atas) dengan bahan yang diyakini thougness (tangguh) banyak sekali material yang bisa dijadikan alternatif..bisa plat besi ataupun plat duraluium/diral/dural yang dibuat menyerupai shape/bentuk aslinya. kalo plat besi kayaknya kok agak gimana gitu….duralium lebih sedap dipandang secara visual. pengerjaan bisa dipesan di tukang bubut. prosesnya bisa memakai CNC, Cad-Cam, TU-2A, TU-3A ataupun digital CNC….

Ini cuma sekedar sharing…dan bukan mau menggurui…banyak sekali solusi atas suatu masalah…tergantung bagaimana kita menyikapinya!! semoga menambah wawasan baru dan membantu yang memang sangat membutuhkan….

23 thoughts on “Treatment plus-plus memang mahal….ada sih solusi yang cukup “KOYA”

  1. walah..solusi yg bagus,berarti ada lahan bisnis baru mbah,bikin braket atas variasi..
    -sekedar info,utk kawasan2 industri di cikarang bekasi pakenya listrik swasta mbah,kalo pake listrik negri yo kobolkomot-

    • disepuh atau penyepuhan adalah salah satu teknik platting….cuma melindungi material dari oksidasi/korosi dan biasa dipake untuk mempercantik tampilan!!!!!! tidak ada hubungannya ama nambah kekuatan/memperbaiki sifat mekanika suatu bahan!!!

  2. salah satu nilai plus mudahnya akses internet….cacatnya sebuah produk bisa langsung ter-xpose…jadi perusahaan produsen bisa langsung tanggap…konsumen semakin pinter & teliti

    coba kalo hal ini terjadi di era tahun 90’an?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s