Aku pernah Muda!! Biker ternyata Arogan juga……

Kata orang masa SMA adalah masa indah….ternyata memang benar…

…ketika jaman SMA teman sebaya familiar dengan suzuki RGR, GL pro, RX Z atopun honda Tiger….kayaknya berbeda sekali dengan begawan muda yang harus mau mengurus JAWA twin 350 cc buatan tahun 60-an…onderdil gado-gado dan tentu saja speed yang kenceng…maklum 2tak dan twin hehehe….dipikiran cuma ada istilah…”old engine with speed performance”….sejujurnya bukan speed yang dicari, ada rasa sombong yang sangat kental dihati…”ini loh gue..anak muda dengan big engine…” kalo cuma motor jepang yang dipake anak SMA dikala itu..jelas bukan musuh yang sebanding…”saya hampir yakin..kalo penunggang motor gede punya jiwa seperti ini”…terlihat dangkal memang dan jauh dari anggapan resppek…lha kalo dijalan biyayak-an kok…syukurlah, tanpa sepengetahuan begawan muda motor pindah tangan dengan mahar 600ribu…no-papper, seperti kebanyakan motor gede…

gantinya dituker pake Bajaj 150 delux ama honda s90 z….dimana ke- 2nya dalam kondisi mulus, cilong dan siap ngebut semua…inilah motor yang selama lebih dari 13 tahun menemani kemanapun begawan pergi…di ke 2 motor ini ternyata ekspresi begawan sangat lain…maklum ratusan ribu kilometer dilalui selama kurun waktu tersebut…dari bensin seharga 700perak seliter sampe 5000perliter pun telah dilalui….

ada kesan aneh…meski ada motor lain, seperti honda grand 91 yang juga telah menglami 2kali balik ke KM 0…tapi tidak se-istimewa ke-2 motor tersebut….tengah malam pun begawan muda rela meluangkan waktu untuk sekedar nyuci dan menggosok mesin….uang jajanpun rela ditukar dengan biaya service….dijalanpun juga sama..tetep yak-yakan kalo pake ke2 motor ini!!

ketika suatu hari…begawan bertemu dengan seseorang…..”mas, motormu bagus!”..terbersit perasaan sombong ketika itu….”dicuci berapa kali sehari?”…”ah..enggak kok, cuma seneng saja sama motor tua”..begitu ungkap begawan muda!! “apakah ini motor istimewa?  dan ketika orang lain memakai ada perasaan tidak rela, takut lecet, takut rusak, takut setelan mesinya berubah karena berbeda cara bawanya?”…….”hehehe…kok bapak2 in tahu perasan begawan dikala itu yak?”….orang tersebut buru2 melanjutkan perkataanya “mas, hati2 lho….jangan sampe tuhan tidak ridho dengan sikap dan perasaan mas terhadap motor ini!!” ………

semenjak saat itu begawan kepikiran terus…sapa ya orang tersebut?? meski begawan bukan seorang yang religius, begawan sangat mengerti kata2 yang diucapkan orang itu…….sampe pada suatu titik ketika begawan memutuskan untuk menjual ke-2nya…….agar perasaan tersebut sirna, agar hanya tuhan yang spesial dihati (tapi susah banget), agar perasaan sombong tidak membuat seorang biker seperti begawan arogan dan berpikiran kerdil, agar tuhan ridho…seperti ucapan bapak misterius yang dulu pernah bertemu dengan begawan!!!

Smoga di bulan Muharram ini begawan bisa hijrah dengan sebenar-benarnya hijrah!! hijrah dari kesombongan, hijrah dari rasa riya’ dan semoga ditahun yang baru ini hidup menjadi lebih berkah…………

Murni..ini sekedar kisah masa lalu….jika dalam penulisan ada sesepuh yang merasa tersinggung ya mohon maklum…pemikiran begawan memang eksentrik!!

43 thoughts on “Aku pernah Muda!! Biker ternyata Arogan juga……

    • sebenernya istri juga maniak motor mas…jadi kalo seharian penuh ngoprek motorpun akan ditungguin, jika dia-nya luang waktunya….soalnya sama2 gede di tongkrongan bengkel…nah beda kalo duduk2 didepan internet..pasti protes dan ngamuk!!

  1. Begawan emang joss..SMU aja ane masih jalan kaki..hu..hu..hu..baru kelas 2 menuju 3 dapet motor….:mrgreen:
    wah jangan2 tuh bapak2 adalah orang sakti…xixixixix…:mrgreen:
    adas ih beberapa orang yg bisa membaca hati seseorang…ilmu yg bner2 tinggi itu dan ngk sembarang orang punya:mrgreen:

  2. Kata-kata sampean mengingatkanku akan jaman kelas 1 SMP dulu, belajar naik vespa sprint veloce tahun 71 sampai betis berdarah-darah karena sering kejepret engkol stater vespa yang punya kompresi gede waktu itu. Ngomong2 apa ga sayang tuch motor ‘klangenan dijual?

  3. Aku isin dewek moco artikele…
    Hijrah, sudahkah kulakukan itu..?, ..sombong.. sungguh penghias diri dan racun hati yang sering tidak disadari… semoga aku mampu hijrah dari kesombongan sebagai mahluk lemah yang jelas tidak ada arti tanpa-Nya di sisi. Amin
    mantap artikele Pak Guru…

  4. kok podo kang?…… kalo seharian mbengkel, istri ga marah…. palagi liat tangan kotor penuh oli…. malah tambah suruh menjauh wekekeke😆

    beda urusan kalo seharian ngadet note book, istri malah ngamuuk:mrgreen:

  5. sippp..apalagi saya, motornya cupu terus dr masa ke masa,sma bawa astrea star,kuliah crypton,jiahhh sekarang jg msh aja bawa bebek, mana produk ga laku pula,wkwk, apanya yg ma disombongin coba?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s