Warning…heat treatment penting bagi mesin yang dikorek/tune-up!!

halooo..kembali lagi bersama begawan kolor ijo…kali ini postingan tentang ilmu besi….bukan tentang mesin, meski kaitannya sangat erat dengan permesinan itu sendiri…walaupun akan susah dicerna oleh kebanyakan orang semoga bisa menjadi pencerahan…karena akhir2 ini banyak temen2 yang nekat dongkrak performa motor tapi belum genap enam bulan mesin yang di korek bubar jalan!!!

Heat treatment…….

opo sih heat treatment?? ada hubungannya dengan mesin yak?? hehehehe…kira2 begitu!!

KASUS…ada temen yang punya jupi z dan sudah di korek….ganti piston, ganti cam, karburator, knalpot ,kopling set juga valve….setelah 3bulan berselang mesin ambrol yang diawali suara mesin kasar…abis itu di standarin trus dijual…dia berkata?? “Mas apa ada yang salah??” ketika dibongkar profil cam standar yang sudah di bubut rusak/tergerus….disebabkan pemakaian per valve/klep racing yang keras…untuk menghindari floating tentunya…

kenapa cam bubutan cepat rusak yang mengakibatkan bukaan klep kacau dan akhirnya klep membentur piston?? padahal di cam standar hal tersebut tidak terjadi bahkan untuk waktu yang lama!!

Pembahasan:

pada cam standar…setelah proses permesinan (membentuk LSA dan profil cam) selesai..maka cam dimasukkan dalam tungku/oven pembakaran untuk di heat treatment. tujuan heat treatment untuk megubah struktur mikro baja…dimana ketika mencapai suhu 850 derajat..baja posisinya tidak stabil dan berada di fase austenit!! jika pada suhu ini cam tersebut disiram dengan karbon/arang…dan didinginkan maka akan mengakibatkan permukaan logam keras dan tahan aus (tidak mudah tergores) proses ini dinamakan karburising….setelah dingin…akan dilakukan normalisingyaitu memasukkan cam yang sudah di karburising ke dalam ditungku pada suhu 120 derajat selama 1bulan…agar struktur mikro yang didapat berprofil halus!!

Material heavy duty..

cam adalah salah satu komponen mesin yang penting dan punya kinerja berat…jantung mesin diatur oleh cam ini..selain tahan gesek cam harus ulet!! jika cam getas…maka cam akan mudah patah…sudah banyak kejadian dilapangan lah bahwasannya cam patah jadi 2…hehehe!! untuk mendapatkan cam dengan karakter ulet dan tahan gesek dipermukaanya sangat sulit….karena material yang ulet pasti lunak (gampang tergesek)…jika material itu kuat dan tahan gesek dipastikan punya sifat getas….kok bisa?? itu sudah dalil alam (jangan tanya masalah ini…karena ini inti masalah yang mesti diakali)…untuk mengakali sifat baja ini…maka bahan cam harus lunak…baru strukturnya dikeraskan pada bagian permukaannya…sehingga didapat cam dengan permukaan licin dan tahan aus sementara liat/ulet dan tidak mudah melintir dibagian dalam!!!

Ketika anda membubut ulang profil cam…lapisan tahan aus tersebut telah habis terkikis batu gerinda…dan akhirnya…profil cam baru tidak mampu bertahan lama…karna yang tertinggal cuma cam yang berprofil lunak…sifat tahan ausnya telah ilang……..

so bagi yang korek mesinnya main bubut cam..jangan lupa di heat teratment….tentu pake cara karburising + normalising…..jangan sekali2 menggunakan sistem quench…karena cam akan berubah jadi getas dan rawan patah!!

smoga bisa membantu dan dapat mencerahkan……….

34 thoughts on “Warning…heat treatment penting bagi mesin yang dikorek/tune-up!!

      • kalo secara actual begawan gak bisa ngomong…toh gak ada uji laborat yang menyatakan sebuah cam adalah baja karbon dalam grade apa….tapi yang jelas baja yang dipake bukan low carbon steel…soalnya begitu dipanaskan trus di quench materialnya berubah sifatnya……hal ini tidak terjadi pada low carbon steel

  1. Ooooooo maksude di HARDENING to
    ada juga metode lain, yaitu kebalikan dari dipanaskan, justru didinginkan……..jenenge lali, pokokmen ben materiale susunan molekule rapet dan teratur

    • namanya kriogenic….tapi gak semua matrial bisa di kriogenic….dan harga yang jauh lebih mahal…soalnya membekukan sesuatu barang 70derajat dibawah suhu normal membutuhkan energy sangat besar……..lha wong cuma menyimpan air disuhu 4derajat dalam kulkas ajah butuh listrik tinggi tho?

  2. Wah, gak bisa dilakukan modifikator rumahan ya gan, kalo untuk hardeningnya aja harus secara rata pemanasannya biar materialnya gak melintir, ini ditambah harus dipanaskan suhu 120 selama 1bulan full, oven rotinya siapa yang bisa dipakai ya…?
    hehe… Salam kenal gan, kapan bikin jaket neh….
    edisi kaus kehabisan je…:mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s