Yang di benci dan dipuja, JET DARAT 2….urat nadi ekonomi rakyat kecil

Naik sumber kencono ada pedagang asongan??? jelas begawan ora kaget!! Tapi kalo naik pesawat kok ada pedagang asongan…weleh2….sampeyan bisa mikir dewe!!! Kebangeten!!! Isih mending naik Efisiensi (Jogja-Purwokerto) dapet minumnya coca-cola…kalo naik pesawat ekonomi dapatnya cuma aqua gelas….sama2 ada pengasong, cuma yang ini UG2 semlohai…

Sumber kencono memang sering di perolok/diplesetkan menjadi sumber bencono…hehehe. karena kelakuan ngeblong dijalan yang sering makan korban tentunya. Tapi disini begawan akan mengulas sisi positifnya. selain bertarif murah, kondisi armada juga layak, ketepatan waktu dalam perjalanan, sumber kencono juga sebagai urat nadi ekonomi “wong cilik” yang mengais receh di dalam jet darat tersebut!! Mereka ini adalah penjaja koran, pengasong makanan dan minuman serta pengamen….

fasih bahasa Inggris...kalo dilepas di Malingsia ato Hongkong kagak bakal kesasar!! Memilih Pulang untuk suami tercinta, tidak melupakan amanat sebagai istri dan Ibu...good choice madame

Dulu ketika begawan masih lajang…memang suka eneg lihat kaum marjinal ini. tetapi sekarang, begawan berbalik pandangan…sangat kagum dengan etos kerja mereka. weleh-weleh..jam 2 malam mau2nya menjajakan kopi panas didalam bus..murah lagi, cukup 2ribu rupiah. Ketika iseng2 ngobrol,begawan kaget jugak…dari penuturannya, sebut saja WARSIYEM..dia ini ibu 2anak…setiap hari mengasong di ESKA dari Ngawi sampe Madiun. Lulusan D3 sebuah Universitas Swasta di Madiun, ngerti komputer dan fasih Bahasa Inggris…weleh..weleh..kok jadi pengasong sih buk?? “Iya mas…lebih seneng hidup seperti ini, cukup ngasong dari jam 10 pagi sampe jam 3 sore…kerjaan rumah tidak terbengkalai dan bisa bantu suami cari duit!!” dapat duit berapa buk rata2 tiap harinya? “Kalo saya, begitu dapat duit 30 ribu yo wis…pulang mas…toh dagangan saya bikinan sendiri..jadi gak setor!! Semua hasil sawah mas, dari pada dijual kepasar diasongkan, lebih untung!!” begawan coba pancing , tanya pake bahasa inggris, eh juga dijawab..malah fasih ibuknya ini daripada begawan….lho, kok lancar banget buk inggrisnya? “dulu saya lama jadi TKI mas, hidup disana susah…tidak ada perlindungan dari pemerintah Indonesia disana…pemerintah terkesan cuci tangan mas!! Kalo udah jadi mayat..baru deh diurus…..”

wekekeke…ternyata kemampuan pengasong di ESKA kagak kalah sama kemampuan pramugari pesawat yang juga ngasong dikabin penumpang!! Tapi tetep saja begawan heran….kenapa mereka memilih jadi pedagang asongan?? Sama saja si ibuk pengasong…juga heran melihat begawan kluyuran…padahal punya anak-bini…”wo..lha kamu ini edan kok mas!! punya anak bini kok ditinggal jalan-jalan…” begitu selorohnya….

ngamen...ternyata pake Id card, berbadan hukum dan sebagian buat sosial..tredaftar didepsos lagi...so bisa dicek kebenarannya!!

Yang gak kalah heran…pengamen yang tergabung dalam MUAT juga woke, mereka2 ini pengamen sopan dengan suara yang gak kalah dengan didik Kempot, udah gitu pake ID card lagi, terorganisir dan kelihatan profesional….ngamen,tapi duitnya buat acara kitanan masal..punya badan hukum dan kegiatannya “sunatan masal” ini didaftarkan di dep-sos…..weleh2…disini begawan jadi malu dan merasa bodoh saja. ternyata banyak orang yang tak seberuntung begawan rela berbagi dengan mereka yang jauh lebih tidak beruntung!! Ternyata ada juga orang yang lebih pinter dari begawan dengan pengalaman lebih joss…menyelami kehidupan wong cilik…dengan alasan mereka sendiri tentunya!!

Beda sekali dengan para pemegang kebijakan negri ini….kiblatnya sinetron banget!! Mari berbagi….meskipun cuma secuil ilmu…agar yang merasa gelap tercerahkan!! Dari pengalaman begawan naik peasawat vs bis ekonomi ada sebuah cerminan…kalo kita memang tidak boleh menilai orang dari penampilannya saja!!……..

18 thoughts on “Yang di benci dan dipuja, JET DARAT 2….urat nadi ekonomi rakyat kecil

  1. seneng bagian ini :
    ”wo..lha kamu ini edan kok mas!! punya anak bini kok ditinggal jalan-jalan…” :mrgreen:
    baru tahu dia kalo anak koboys itu edan semua!😆
    tapi jalan2 yang bermanfaat lho!

  2. Yang ngamen pake id card itu dari daerah terminal klaten kah? Kalo para pengamen dari klaten ini emang wokeiii dan ngga suka maksa, kadang lagu yang dibawakan juga bagus, suka nyentil kehidupan sosial para kaum kelas bawah

  3. jenenge ning bis emang werno2..ono sign paik tenan kadang ono sing maleske,, contone..
    yo nek sing nyebeli sing dodol TTS karo mekso2 karo pura2 mabok,, wah tobat,, gaplesi pkokmen,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s