Tips motor mogok setelah melibas Banjir!!! artikel musim Hujan!!

[https://5osial.wordpress.com]  haihihihihi…cuaca sekarang ini memang cocok kalo dipake buat membikin adek baru…wew…tapi sangat merepotkan buat biker yang punya seabrek aktivitas…betul????

Nah, bahasan kali ini tentang HAMMERING/WATER HAMMER pada ruang bakar!!

bukan mau menggurui..cuma mencoba untuk mengingatkan dan share ajah….kalo juragan2 search di Google atau Yahoo tentang water Hammer pasti masuk ke forum Piping..bukan engine!!! Soale pada engine, kalo mesin tidak melibas genangan air ato sistem di piston nyedot air, tidak bakalan kena hammering!! di ulas satu-satu saja biar kagak bingung……….

Hammering pada sistem Pipa!!

Orang awam pasti enggak ngeh..mosok sih pipa bisa kena water hammer?? Ceritanya begini bro….Dalam suatu industri terutama food en beverage pasti ditemui instalasi Pipa gas atau dikenal Pipa steam!! Fungsi Pipa ini adalah mentransfer uap kering (dry steam) dari Boiler (ketel uap) menuju equipment (peralatan)….Tekanan dari boiler biasanya berkisar antara 14-18 Bar (kg/cm2G)…Padahal equipment biasanya cuma perlu tekanan uap 1-2bar!! Untuk mengurangi tekanan Steam..maka diperlukan PRV (Pressure Reducing Valve)..sehingga equipment tidak rusak. Karena intalasi pipa sangat panjang, akan terjadi pengembunan di sepanjang pipa, untuk itu dipasang Steam Trap untuk setiap 40M atau sesuai desain.  Bagaimana jika pipa memuai??? Sebelum di running, pipa akan dipanaskan pelan2..dan di titik tertentu biasanya dipasang Expansion Joint yang berfungsi menjaga jalur pipa agar tidak rusak (Ngolet) akibat pemuaian!! Bagaimana ki jika pemanasan pipa langsung Full tortel??? Karena Pipa belum mengalami heating maka akan terjadi pemuaian tiba2 dan water hammer akan terjadi secara dahsyat….Biasanya Expansion Joint model biasa (BUkan model Loop) tidak akan kuat menahan gempuran Hammering dan tak jarang pipa steam akan anjlok dari Pipe-rack…itulah sekilas Hammering papa sistem Pipping…….jadi hammering terjadi karna Steam basah ikut menggempur sistem pipa…….(sambil merefresh ingatan saat di proyek) xixixixi………Trus Bagaimana Hammering pada Mesin??

Hammering Pada Engine/ Motor!!!

Hammering pada motor/engine hanya terjadi jika air tiba2 tersedot/masuk kedalam ruang bakar yang running. Kok bisa membuat piston jebol atau stang piston bengkok ya Ki?….Menurut ilmu Mekanika Fluida air merupakan salah satu Fluida Un-compressible…wew…maksute opo kuwi kok uncompressible…yah air itu punya partikel padat sehingga tidak dapat ditekan!! Beda sama Fuel yang kompresibel, semakin tinggi suhunya partikelnya semakin renggang…sehingga begitu dikompresi akan memadat kembali!! Karena sistem perbandingan kompresi merupakan sistem perbandingan Volume…maka ketika rasio kompresi pada titik maksimal (biasanya 9:1) maka air yang masuk ini menjadi biang kerusakan…soale dengan  masuknya air kompresi serta-merta akan naik berlipat2..tergantung banyaknya air yang masuk!!! jelas2 yang kalah adalah sistem bergerak yang modelnya translasi (Piston Cs)….Makane piston jebol atau setang seher bengkok…….

Bagaimana jika setelah motor melibas banjir/hujan deras tiba2 mogok???

Kendurkan sistem Drain pada mangkuk karburator, tunggu sampai bensin yang keluar tidak bercampur lagi dengan air. langkah kedua adalah buka busi dan engkol sampai air yang menyembur dari lubang busi habis!! Itulah tips darurat jika motor mogok setelah melibas banjir!! Agar langsung jreng ketika di starting, keringkan filter karburator dan bebaskan cup busi dari air…bisa diseka pake tisu atau kanebo!!!

Kalo air masuk kedalam gearbox piye Ki?? asal air yang masuk tidak campur lumpur cukup ganti oli saja, tapi jika parah terpaksa belah duren belah mesin….monggo di share jika punya pengalaman belah duren………!!!

15 thoughts on “Tips motor mogok setelah melibas Banjir!!! artikel musim Hujan!!

  1. di jakarta uakeh kasus macem ini bro, yuakin, apalgi pas musim banjir, anehnya bebek di brebes pada seneng kalau hujan banjir, tapi kalau bebek di jakarta pada takut banjir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s