BELI MOTOR ARISAN VS CICILAN!!! ANALISA KOPLAX…..

Prolog..

Sebelum bercerita kikolor ijo menyatakan bahwa analisa kali ini sekedar sharing dari para orangtua yang jauh dipelosok desa negeri antah barantah..sengaja pembandingnya beda pabrikan, soale contoh yang begawan ambil adalah kisah nyata!! Pada Prinsipnya hitung2an tiap pabrikan motor hampir mirip!!!

Setting…..Pas Lebaran Kupatan/ Lebaran Syawalan (lebaran setelah puasa 6hari)

dihari yang cerah itu begawan sungkem lagi ke tempat orang tua. Maklum ditempat begawan lebaran ada 2, lebaran idul fitri dan lebaran kupatan/sehabis puasa syawal. eh..ndilalah disana kok ketemu mbok dhe DULKIYEM..dia berbaik hati mau membagi ketupat buatannya ke begawan, dengan sayur sambel goreng ati tentunya…pokoke mak nyos deh……..ketika mbokdhe mau pulang..baru tahu kalo mbokdhe dulkiyem bawa motor baru, YAMAHA MIO yang baru ditebus beberapa hari jelang labaran!! “wekekeke…mbok dhe, motore njenengan enggal nggih??” (translate :”Mbok dhe, motormu baru ya?”) dengan napas berat dia menjawab ” Owalah le..le…iki..ki rak goro2 adimu kae..sing kemecer ngiler pengen motor anyar, akhire aku meneh sing tombok!!” (translate: Owalah mas..ini kan gara2 anakku yang pengen sekali motor baru, akhirnya aku2 juga yang nombok!!”)………….

Tetep aja begawan kolor ijo gak mudeng maksudnya!! tapi buru2 mbokdhe Dulkiyem menjelaskan…langsung. kagak pake bahasa planet yah….”Adikmu itu kan sudah bekerja mulai 1 tahun yang lalu, dulu dia cuma mbonceng temennya, karena tidak enak akhirnya beli Honda Astrea 800!!” ternyata astrea 800 masih ada yang jual bro di dealer motor bekas lagi belinya, trus kok ndak pake angkutan mbokdhe..kalo belum kuat beli??  “pake angkutan Mahal, wong gajinya gak seberapa..nah, kemaren kan adikmu itu dah mulai kenal cewek…isin tho kalo pake Honda Othor..kayak gitu, Ya udah beberapa hari sebelum lebaran Honda Othornya Buat Depe MIO…..” trus cicilannya berapa mbokdhe?? dengan agak menyesal terhadap keputusan anaknya dia menjawab…” Yo kuwi, yang buat aku tombok mas, kemaren Depe 300ribu (edan, ngawur tenan leasingnya) trus cicilan 600 ribu selama 35kali (3tahun)!! Lha kalo upah adikmu selama sebulan saja cuma 800 ribu, rak yo cuma 200 ribu sisanya…itu juga buat jajan malem minggu sama ceweknya, tiap pagi tetep saja minta sangu ke mbokdhe,…..rak yo tombok tho!!  Glek…..denger cerita tersebut langsung trenyuh………..nah sekarang itung2annya

Depe : 300 ribu

Cicilan : 600ribu X 35 = 21.000.000

Total = 21,3 juta ===> harga resmi dealer tarohlah 13 juta berarti bunganya sendiri 8,3juta = 63,84 % selama 3 tahun atau 21,28 % per tahun!!! AJE GILE……….

Nah trus begawan mencoba membandingkan waktu beberapa waktu lalu Nebus Honda Beat item pake acara Arisan

Arisan ini dibatasi untuk 60 orang saja, urunan per bulan 200 ribu selama 60 bulan + biaya nebus motor!! Unit yang dipakai patokan adalah Honda Supra X 125 Spoke Wheel.. Harga Lelang dasar 4.3 juta…Yuk dihitung bersama

Urunan selama 60 bulan = 60 x 200rb = 12.000.000

Harga lelangan = 4.3 juta

Harga unit Hsx 125 kira2 14juta

Berarti untuk menebus HSX baru =12juta + 4,3 juta = 16,3juta….lebih murah, karena tenor selama 60bulan dengan biaya 200ribu per bulan!!

Karena Begawan cuma ingin Honda Beat masih ada uang kembalian seharga 1,7juta (sesuai harga dealer)

Berarti begawan nebus Honda Beat cast wheel seharga 14.6juta yang dicicil selama 5tahun..murah kan!!! ada kenaikan harga +/- 2juta dari harga dealer!!

Begawan memang mengambil contoh dari merek yang berbeda, tapi urgensinya/penekanannya adalah adanya perbedaan yang mencolok antara pembelian sistem kredit/leasing dan sistem iuran/arisan!! Setiap sistem punya kelemahan dan kekurangan…sampeyan sebagai pembaca bisa menimbang2 dan memikirkannya sendiri2….

Sebagai muslim begawan cuma mengingatkan bahwa Allah Swt melarang riba dan menghalalkan jual beli!! Ngerti dewe tho maksute…buktine mbok dhe DULKIYEM merasa keberatan dengan sistem cicilan ala leasing!!

18 thoughts on “BELI MOTOR ARISAN VS CICILAN!!! ANALISA KOPLAX…..

  1. yes keluarga sy jg ambil motor dgn model arisan, krn dihitung2 selisihnya dikit..klo beli kredit udah sy tentang abis2an,mwnding hutang dibank trus beliin motor cash..bunga kredit leasing memang mengerikan!!!!

    Oh ya yg dibeli arisan motornya new rvo ma suparax125, sebukan nyicil 400rb udah dapet 2 motor..wkwk

    apalagi klo sabar ga ngambil di awal2 periode,bisa2 harga lelangnya cukup murahhh..

  2. ta’sumbang bintang2 mas, ben sampean cepet dadi jendralllllll:mrgreen:

    yoi mas, udah ngrasain sendiri leasing Megipret, kredit setahun selisihnya 4jutaan!

    Sekarang lagi muter otak buat realisasi mobil seken, Ki Kolor Ijo ada ide soal ini gak mas? soale bunga kredit mobil lebih nggilani maneh dibanding kredit motor

    • pake pinjeman KPR mas..paling enteng, ato kalo sampeyan kredit di BPD bunga paling murah…sodara ada yang utang 40juta kenanya cuma 8% pertahun…so cicilan cuma 1100rb selama 4 tahun!!! murah tho…..wkwkwkwk..di beliin mobil dah dapat corona absolute tahun 92/93 tuh…xixixixi….atau BMW M36 92..hayah….

  3. nais inpoh ki, ntar ta’telisik lebih jauh lagi kalo di malang..

    Ini termasuk salah satu jurus blue ocean-nya Ki kolor ijo yo? jurus serbaserbi keuangan otomotif !!:mrgreen: SIIBBBHH !

  4. Untung belum pernah beli motor secara nyicil, knp harus nyicil lha wong beli vespa pts mung 600ribu😀. Eh mesti honda beatnya hasil armot dari salah satu dealer terbesar diklaten tho?😀

    • iya bro……..aku dah ikut beberapa kali, bahkan ada temen yang ngeyel……..mosok ikut arisan Honda Revo kok minta barangnya yamaha MIO…gara2 deket ama bosnya kali ya…oleh tho…wekekekekeke………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s