BEGAWAN KOLOR IJO TURUN GUNUNG…MENERAWANG MARKET YAMAHA BISON BAG I

Glek…..wekekekeke…sejak kapan begawan kolor ijo mencoba membahas masalah marketing????? Hahahahaha…bisa 2 analisanya mleset dan ngawur…..xixixixi…tenang, disini begawan akan membahas target market berdasar teori2 marketing penerawangan jitu……

Masih harus manghapus banyak keraguan

Setelah menyimak dan memantau perkembangan Yamaha Bison…kok tersirat bahwa Pabrikan sangat hati2 dalam membidani kelahiran si Bongsor Bison ini..ada apakah??? Apakah karena performa kurang…tentu bukan itu alasannya, apakah menunggu gebrakan Honda..hihihi begawan terawang kok yo Bukan….weh trus opo sebab-pe???

Gambling Rumit YMKI yang berbuah manis

YAMAHA MIO DILUAR EKSPEKTASI PENGAMAT R2…….

loh..mo ngomongin Yamaha Bison Atau Yamaha MIO sih??? sabar gan, ini penjelasan simpelnya…Kata pakar. habit konsumen R2 di indonesia itu unik, betul???? Dulu ketika Piagio menelurkan Corsa…penjualannya jeblok!! Ketika Kymco Menancapkan maticnya hasilnya juga kurang menggembirakan..bahkan ATPMnya dah kukut…

Waktu itu yamaha meluncurkan yamaha MIO..tentu saja mendalami dulu market matik yang sudah2 (termasuk Nuvo tentunya)…Gambling dan Perhitungan ekonomi pastinya cukup mendalam…dan munculah MIO…apakah langsung laris??? Enggak juga..eh tiba2 yamaha membuat tagline “Gender” untuk si MIO…Mio menyasar market cewek/wanita yang super sibuk, punya seabrek kegiatan dan pengin hal yang simpel…enggak terjebak macet tapi juga modis…heheheh…munculah tagline “Otomatis Duluan”

Market “Gender” yang mencoba menyasar  untuk kalangan wanita ini ternyata mleset total…beda teori dan praktek yang ada dilapangan!!! Ternyata cowok/bapak2 juga antusias menyambut Yamaha MIO..bahkan sampe sekarang tetep aja laris….xixixi..kok bisa ya???

Ingat kan artikel Begawan  tentang Ninja 150, Vixion dan Satria FU..orang indonesia suka vehicle yang enteng dan mudah dalam handling…tapi full performance!! Nah…Yamaha MIO punya semua kriteria tersebut..mungil,enteng, gampang (tinggal untir gas) dan paling duluan di lampu merah….Apakah itu ki faktor yang membuat cowok juga tertarik terhadap Yamaha Mio??? Ya..iyalah!!! Trus apakah penerawangan begawan kolor ijo ini beralasan???

jelas iya lah….ingat kan kenapa bebek booming di Indonesia raya?? Dulu market yang disasar bebek adalah wanita..bintang iklannya saja “Cristin Hakim”….tetapi begitu muncul Astrea Prima, Suzuki Cristal dan Yamaha Force-One…pelan2 Yamaha RX-king dan Honda GL hilang pamornya…marketnya dengan terpaksa harus dibagi dengan bebek!!! Disini terdapat persamaan karakter bahwa market “gender” untuk cewek selalu dimakan oleh market motor kaum lelaki….plek-ketiplek kayak matik MIO deh………..

Ada generalisasi yang lebih kongkrit bahwa konsumen Indonesia (yang cowok) lebih Rasional dalam memilih dan mementingkan unsur kemudahan/simpel dalam pengoperasian, berat kendaraan yang ringan tapi performance-nya tidak kalah dengan motor cc gede yang berat……….Nah Apakah Yamaha Bison telah memenuhi Unsur2 diatas??? Gimana jika mengabaikan unsur diatas, apakah akan sesukses Yamaha MIO…tentunya diperlukan Gambling lagi bagi YMKI…tunggu saja lanjutan penerawangan market yamaha BISON………..

4 thoughts on “BEGAWAN KOLOR IJO TURUN GUNUNG…MENERAWANG MARKET YAMAHA BISON BAG I

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s