AIR RADIATOR ..nggak ada embel2 “KOYA”….

AIR Sebagai Pengganti Radiator coolant

Bagi para turing mania yang suka berkendara jauh..checking terhadap air radiator sangat penting, karena pada bagian ini sering rentan mengalami kebocoran…kenapa bisa bocor??? Mungkin perawatan yang asal atau kurangnya wawasan nusantara…hehehehe…ini sedikit sharing dari begawan kolor ijo!! May be….radiator coolant banyak di jual oleh toko2…itu kalo di kota, trus kalo dihutan gimana jika bocor dan mesin ngowos inilah P3K pada mesin berpendingin radiator………..

Pakai saja air sebagai pengganti radiator coolant,  tapi ada syaratnya ya===> Syarat penggunaan Air Radiator
– Air dengan tingkat pencemaran / kotoran yang rendah.
– Air tawar tidak mengandung garam. Agar radiator tidak mengalami korosi……
– Air dengan tingkat kekerasan/ (CaO) yang rendah. Air dengan kadar CaO tinggi menyebabkan radiator berkerak sehingga proses pendinginan terganggu

Dengan kata lain, air yang digunakan harus memenuhi standard kualitas:
Air baku…air yang disaring pakai RO (Reserve Osmosis)…nek ra ngerti jugak air isi ulang 3 ribuan…..
Air suling..biasa digunakan untuk ngisi aki tipe basah
Air yang telah diolah dengan alat pelunak air (water treatment)

Standard kwalitas Air baku adalah sebagai berikut….
• Nilai pH : 6.8 – 7.5
• Total hardness (CaO) : Max. 5 Ppm
• Mengandung ion sulfate (SO42-) : Max. 5 Ppm
• Mengandung ion chlorida (Cl-) : Max. 5 Ppm

Catatan:
1 Ppm, sama dengan 1 gram material yang terkandung dalam 1 m3 fluid. Kekerasan air (Hardness) misalkan 8, artinya 8 gram CaO (lime) terkandung dalam 1 m3 (1.000.000 ml) air. Ppm singkatan dari part per million)

Tapi biasanya orang indonesia itu konyol….hal2 yang harusnya buat sementara bisa menjadi SEMENTAUN….xixixi..jika nekat untuk sementaun bisa di tambahkan anti FREEZE..karena di suhu 4 derajat celsius air akan mengalami anomali dimana volumenya akan membengkak…kalo tidak di antisipasi mesin bisa meledak…tapi kejadian seperti ini belum ditemui di indonesia kok…kalo di eropa sih sering…mesin meledak karena air radiator membeku……………

9 thoughts on “AIR RADIATOR ..nggak ada embel2 “KOYA”….

  1. KI ada yang bilang aquades buat infus bagus buat radiator tu gimana? kalo water coolant aku ga begitu sreg di mobil lama kelamaan malah bikin nyumpet, selama ini aku pakai air aki yang bisa buat buat radiator t*y*t apanja

  2. @ martini n Darmawan
    setau ane bro, aquades singkatan dari aqua destilation atau air yang sudah disuling sekali, ane biasa pake waktu kuliah di laboratorium sebagai bahan pelarut. nanti ada alagi aqua bides (dua kali penyulingan) dan aqua trides (tiga kali penyulingan) untuk mendapatkan air yang mendekati air murni. tapi harganya sangat mahal biasa dipake di operasi jantung cmiww.

      • iye ane jg paling banter pake aquades, kali ini masih murah, cuman proses penyulingan biasa. jadi inget harga ager-ager buat pkembang baiakan bakteri ma kultur jaringan yg harganya 1gram 1.2jt, fiuh abis itu diakalin deh pake ager swallow grup 300rb diutak atik dikit.. alhamdulillah jd.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s