HONDA SUPER 90 (S90) I….HONDA PALING COMPACT & GAK ADA “KOYAnya”

10 Tahun sudah Begawan kolor ijo melang-lang indonesia ditemani Honda S90 seriZ ato gen 2…tapi belum pernah sekalipun bongkar2 sejarah motor klangenan yang satu ini!! Meskipun sudah lama tidak contact..tapi begawan adalah member salah satu klub Honda s90…hem gak penting banget kali yak….

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

ah langsung masuk materi ajah…Honda S90 gen1 diproduksi dari tahun 1964-1969..asli bikinan jepun!! gak ada CKD..semua pure CBU (KUMPLITLI BUIL AP)…xixi kenapa di namakan S90…S merupakan singkatan dari SUPER dan 90 adalah volume dari silindernya…..dengan mengaplikasi bore x stroke = 50mm x 45,6mm memiliki kubikasi 89cc…seberapa super sih honda S90? dengan berbekal 8HP diklaim Soichiro Honda mampu ngibrit 60MPH…makanya dikasih nick-name Super!

Lanjot ke gear-box…dengan memakai 4 speed model injak untuk presnel 1 dan cungkil untuk gigi 2-4…!!meski mesin khas C series…tetep pake kopling manual. Engine mounting yang cuma 3 biji tetep memberikan kenyamanan. Tenaga pun dioper memakai ban ring 18..pelek 1.4 dan ukuran ban 2.5inchi…..untuk depan dan belakang!

Mesin dengan desain OHC ini memiliki cam yang bantalannya berupa bos…so belum di laher/bearing!! Pengapian pun masih mengandalkan platina dengan sistem magnet basah…(tercampur oli). mungkin ini dulu buat S90..informasi lain buat next S90….

15 thoughts on “HONDA SUPER 90 (S90) I….HONDA PALING COMPACT & GAK ADA “KOYAnya”

      • xixixi..la motornya aja njogrok disitu kok!!! dulu paling empet kalo ketangkep polisi…lah malah disuruh mbantuin nyatet yang kena tilang ampe razianya selesai!!! kumendannya ngomong…”motor busuk kayak gini paling juga gak punya duit buat nebus!!” tapi kalo dibawa keluar solo pasti ngandang le….begitu ujar pak polis waktu dulu…xixixixi

      • Untuk yg tahun 68 ama 69 bedanya di apa ? Aku dapet yg 69 beli dari trenggalek mati uda tak idupin.tp kok velg nya ring 17 dpn blkg? Aslinya brpa ukuran velg. Untuk lampu kok redup pake cdi grand ama pulser kaki 5.juga pengen tenaga nya kenceng perlu permak apanya ? Thx om moderator sebelumnya, mhn pencerahannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s