Langkah Praktis menaikkan eff.thermal

lanjoot ke tulisan sableng……..kalo kemaren sudah diperkenalkan siklus carnot..trus langkah agar eff.thermal naik pegimane??….lihat sekilas aja diagram p-v (carnot)proses t0-t1..adalah ngisep BBM dari karbu/injector sesuai kevakuman silinder..otomatis menyamakan tekanan dalam silinder ke tekanan udara (dikarbu/injector)

proses t1-t2 adalah kompresi secara adiabatis (tidak terjadi perpindahan panas ke lingkungan/blok mesin). pada proses ini suhu BBM tadi meningkat, tekanan campuran BBM juga naik…sehingga jika udara yang masuk adalah udara panas (molekul renggang)..maka ketika dikompresi terasa ngempos (tidak bertenaga)!!! Pada akhir langkah ini busi memantik….jika BBM oktannya rendah…sebelum busi memantik, BBM akan terbakar sendiri sesuai flas point-nya!! So BBM dengan kualitas tinggi tahan di kompresi…dari sini juga terlihat peranan busi yang berfungsi sebagai triger pembakaran……jadi gak ngaruh,apakah yang memantik busi STD ataupun busi racing!!! Kualitas BBM yang sesuai kompresi ratio lebih berperan….

proses t2-t3 adalah adalah langkah pemuaian..BBM yang terbakar pada tekanan tinggi akan memuai!! Campuran BBM yang akurat akan mengakibatkan efisiensi naik..karena secara stokiometri campuran BBM+udara pas…gak ada istilah BBM tidak habis terbakar karena(campuran kaya) ataupun terjadi lean (campuran miskin)!!! So mesin dengan injeksi lebih oke….efisien tidak berarti lebih kenceng dijalan lho……..

proses t3-t4 adalah langkah kerja (work)..panas tadi akan mendorong piston ke TMB dan menjadikannya langkah kerja….kompresi yang rapat (ring tidak bocor) dan gesekan yang kecil pada sayap piston/skirt..akan meningkatkan efisiensi mesin. saat langkah kerja ini energi panas dibuang…semakin cepat silinder menyerap panas mesin akan terjaga temperaturnya..maka mesin dengan pendingin air lebih bertenaga…pemakaian blok alumunium juga lebih cepat membuang panas daripada blok dari besi….

proses t4-t1 adalah proses isokhorik (penurunan suhu pada volume yang tetap)… jika t4=t1 maka efisiensi akan optimum…langkah yang dilakukan yaitu dengan mendesain knalpot yang cepat membuang panas…..

praktek dilapangan………..biasanya tuner akan memodifikasi hal2 berikut

1. melancarkan aliran BBM (porting ulang termasuk desain dari valve..dengan lancarnya BBM maka V2 akan maksimal)

2.mendesain kubah/dome pada head agar rambatan panas tidak baur…meski ada detonasi!! Penambahan busi sehingga ada teknologi twin spark dimaksudkan agar pembakaran saat rpm rendah dan tinggi dapat terkontrol..

3.menggunakan injector dan sensor O2..agar dicapai kesetimbangan reaksi…

4.menambahkan teknologi liquid cooler (baik dry jacket ataupun wet jacket) untuk memaksimalkan pembuangan panas……

5. mendesain knalpot free–flow agar sisa pembakaran cepat terbuang..tapi untuk harian tidak disarankan..karena getaran yang terjadi merusak connecting-rod

jadi agar eff.thermal maksimum…eff. volumetrik harus dicapai dahulu…..timing pengapian akan berpengaruh pada tenaga yang dihasilkan. jika timing tidak sesuai dengan kompresi dan kualitas BBM akan terjadi pembakaran secara baur…mesin bergetar dan terdengar suara ngelitik!!…yah kira2 begitulah..penjelasan dari albert.sinting……..

untuk motor yang beredar di indonesia…yamaha vixi adalah yang paling mendekati teori diatas………tapi untuk selera..tiap orang beda2..ada suka yang semok semlohai ada juga suka dengan yang singset dan seksi……….lho kok jadi ngomongin UG…hiks…..

11 thoughts on “Langkah Praktis menaikkan eff.thermal

  1. wah, pertamaxnya diembat ama yang punya warung…
    Mau tanya… emang kalo injeksi, langkahnya seribet yang diatas??

    ————
    Dari komen di warung mercon➡ ya nggak rajin juga sih mbak, cuma itu khan liputan tanggal 20 lalu, trus saya banyakin artikelnya… hehe…

    Emangnya mau ikutan ngeliput Titan??? kalo saya rencananya kalo nggak malem ini, yaaa… besok…

  2. salam kenal mas martini..
    kunjungan pertama kali ni.. artikele uapik mas, edukatip tenan..

    oiyo, gambar sekak dan tangan dari langit, menurutku iku simbol menungso dan kekuasaan Tuhan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s