efisiensi termal..suatu motor

lanjut ke tulisan gendeng………..kalo kemarin sudah mengupas sedikit perihal eff.volumetrik..dimana mesin dipaksa nyedot sebanyak2nya…nah di eff.termal…bisakah semua BBM yang disedot itu dibakar dan sebisa mungkin menghasilkan panas yang semuanya diubah jadi energi gerak……………jawabnya GAK MUNGKIN

nah munculah ide untuk meningkatkan kinerja pembakaran……kalo kemaren sampe bikin mesin DOHC ato membesarkan porting..bahkan mengubah durasi cam…nah di eff.termal tekniknya lebih rumit..soalnya pake hukum thermodinamika. dimana suatu mesin itu dirancang pada kondisi ideal…sementara aktual dilapangan parameter desain gak ada yang ideal…wkwkwkw..mumet ndase..pokoke..bahkan tukang ingsinyur sekaliber tuner GP gak sanggup mencetak eff.thermal ideal yang dikisaran 78-an%…..motor yang beredar rata2 memiliki eff.termal 0.26 ~0.34…tuh kan kebayang tho 1literbensin + beberapa liter oksigen yang dijadikan tenaga cuma sepertiganya…selebihnya dibuang menjadi panas……

trus ben eff.thermal naik gimana yak??? prof kolor ijo kagak bakal ngerti yang ginian….dia kan bukan ahlinya thermodinamika…..hehehehe…….nanya ama albert.sinting ajah…ben mudeng…….tuh dikasih grafik yang gak jelas

wooo..yo jelas gak bisa kalo eff.thermal itu 100% dari rumusnya eff. termal bagus kalo Q2=0..itu artinya T4 dan T1 suhunya sama..berarti kalo mau naikin eff.termal T1 (suhu saat BBM masuk mesin) harus sama dengan T4 (suhu gas sisa pembakaran dibaung)…….lha carane ben eff.termal naik gimana??

disambung lain kali saja ah…….biar tulisannya mudah dingertiin……….moga2 bermanfaat!!!

16 thoughts on “efisiensi termal..suatu motor

  1. ➡ roaming, ramudeng, bingung, panganan opo kui?????❓❓❓❓
    😯 hagh? suma 30% saja yang jadi tenaga? busyet, yang laen ke mana tuuh…

    bro, gimana kondisi ideal dimana hampir 90% efisien, bisa ditemukan di mana neh?

    B
    BI
    BIN
    BING
    BINGU
    BINGUNG
    BINGU
    BING
    BIN
    BI
    B

  2. di temukan di akhirat…wkwkwkw……..itu kan teori..jika kondisi udara ideal (seperti mau kita) tapi kita nggak bisa kasih perintah ama udara..beda ama nabi sulaiman yang paling pinter didunia…..kalo ente bisa kasih perintah pada udara untuk nyamain suhu ketika diisep dari karbu dan pas dibuang lewat knalpot..nah baru deh 100% efisiensinya..getoo bro

  3. … cara kerja noz itu seperti melesakkan oksigen murni dan nitrogen secara bersamaan ke dalam ruang bakar- karena sifat oksigen itu membantu pembakaran dan nitrogen yang mendinginkan maka terciptalah suatu keadaan yang dinamakan….

  4. entar di sesi lebih lanjut dibahas..tentang pemampatan/compressed..gas pada suhu yang dingin…ben mesin jos……….salah satu contohnya ya inject nitrous…ben molekul oksigen labih padat!!! soale molekul gas akan merenggang saat suhu naik..kalo dikompresi ngempos..kagak bertenaga…maka jaga pemasukan BBM tetep dingin dan cepat……

  5. kalo dalam pemaksimalan efisiensi thermal biasanya dilakukan penghalusan pada portingan yang semula bermotif kulit jeruk jadi kincilng, selain itu juga pengubahan desain ruang dengan sedikit membuat sudut2 tertentu (squeeze). tujuannya biar aliran campuran bbm dan udara jadi makin lancar😀
    Di jogja sendiri udah pernah diterapin pada 5 pulsar dan hasilnya wow. rata2 kenaikan tenaga sampai 5 hp.

  6. @diposedicigp8

    bisa d kasi tau parameternya bos?
    menghaluskan porting biasanya untuk meningkatkan kualitas efisiemsi volumetrik

    naaah bentuk ruang bakar yg gimana bos yg d maksut

  7. efisiensi thermal ala Mas Londo ? kabarnya fokusnya pada pemanfaatan detonasi yang dibuat pas saatnya sehingga menjadi energi pembakaran yg luarbiasa..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s