RAT-BIKER..anti kemapanan…brotherhood banget, bagaimana safetynya???

Jarang sekali komunitas ini di publish dalam blog. Mungkin komunitas ini gambaran kaum marginal yang ada di Indonesia. Pemerintah yang seolah cuci tangan tentang kemiskinan dan hak-hak warga-negaranya di tepis habis2an oleh kelompok tersebut. Yup….rat biker merupakan gejala sosial-networking yang unik. mereka memiliki kepedulian yang tinggi…selera mereka juga sama..nyampah dan suka turing jauh. bahakan jika cuma muter dan nampang doang masih dianggap “langkahnya lebih jauh kaki ayam”….itulah fanatisme rat-biker…segala aktivitas  gak jauh dari motor..meski butut itulah soul mereka….

trus bagaimana soal safety??

kelompok yang anti kemapanan ini jauh jika dilihat dari safety, bahkan untuk modifikasinya juga ekstrim…tuas rem yang berfungsi jadi kabel gas pasti bikin kagok….lampu, sein, spion..mungkin jauh dari benak mereka! pemanjangan body yang diluar kewajaran juga jadi acuan mereka…satang baplang atau setang monyet merupakan keharusan.

Tapi tidak ada laporan resmi tentang data kecelakaan komunitas ini. bermodalkan mesin tahun 80-an mereka eksis dijalan..tidak mengeluh dan enjoy riddin’. hidup nggembel juga jadi keasyikan tersendiri…..”its just another way for lifes…..free and makes me more feel down-earth” itulah kata2 seorang rat-bike chapter luar negeri

13 thoughts on “RAT-BIKER..anti kemapanan…brotherhood banget, bagaimana safetynya???

  1. ➡ gak tahu juga bro, bagaimana sebenernya pandangan saudara kita ini… saya sering banget ngelihat di jalan, dari hasil pengamatan [cie] memang rata-rata kok dari luar daerah ya? dan sebenernya tujuan saudara kita ini apa yak? dari segi modifikasi, memang beda banget, dari segi kemapanan, mungkin bukan tujuan mereka❓ dari segi persaudaraan, kayaknya apik tenanan!
    ➡ kalau dari segi sosial, menurut sampeyan sebenernya bagaimana tha? yang dari Indonesia loh, bukan luar negeri…

  2. aku isin sih ora, ong mukaku tebel, cuman muales aja, kemarin akuliat di pom bensinpada ngumpul sambil tidura, aku berfikir bisa jadi bahan artikel nih, tapi untunge ra nggowo kamera, kalau bawa bisa sama artikelnya dengan nggeke sampean.

  3. 😯 aliran yang aneh, unik dan nyentrik! sebenarnya gak cuma masalah safety saja yang dipertanyakan. dari sisi higienis dan kesehatan bagaimana tuh? lha wong kotor semua. dan yang jelas saya nggak bisa mengikuti aliran mereka karena pasti istri gak mau dikelonin:mrgreen:
    tapi saya salut dengan idealisme mereka dan semangat brotherhood mereka!

  4. @alrozzi : dari segi sosial..mereka sebenernya ingin menampilkan sisi lain di kehidupan ini…lebih pada pesan moral…bahwa ada juga masyarakat yang kurang mampu dan layak ditolong, dirangkul sehingga mereka mencontohkan dengan brother-hood yang kental………
    dari strata sosial mereka juga bukan alay yang ngathung pada ortu mereka…….apa juga layak disebut marginal..jika dirumah mereka nongkrong HD-WL army series..atau BSA…..
    Lihat aja di foto paling atas..sebuah motor inggris plat L yang di jadiin rat-bike…gak cukup 20juta buat nebusnya dalam kondisi no paper……..

  5. @ ierone : bukan kehidupan yang layak bro..its just another lifes…its life style………
    @bang one: dulu aku gembel mania kumendan…tapi sejak punya bini mau gak mau berubah…kasihan istriku…soale dia juga jadi panutan dimasyarakat…gak boleh egois kalo dah rumah tangga…malah boot,jacket,jeans dan semua asesoris malthese crossku dibakar ama bokap beberapa minggu lalu……..jare wis ra-pantes kalo jadi “bapak” masih suka nggembel………

  6. @ mercon: kalo aku malah malu pake motor yang minta ke bokap..hasil korupsi pula…hehehehe……..

    itulah penilaian hampir semua orang..rat-bike itu lecek..gak haijin (higyen)..kere…not safety…but its a true biker…bukan orang yang hoby motor..punya motor buat gagah-gagahan…..
    sejarah kaum ini muncul adalah pasca perang vietnam…dimana sebagian veteran ditelantarkan oleh pemerintah USA…maka beberapa kaum beraliran gipsy memisahkan diri membentuk aliran baru yaitu rat-bike. mereka hidup dari gaji pensiunan dan uang tunjangan bagi pengangguran…..dengan bermodalkan WLA dan daya jelajah yang tinggi mereka sangat dikenal di daratan jerman,belanda dan skandinavian…yeah..itulah mereka..sampah2 (buangan) perang dunia ke2 (vietnam) yang ditelantarkan ….

  7. Mereka bisa dibilang sejalan dengan anak-anak punk, dalam hal motornya saja. berkelana dengan modal (motor) seadanya.

    NAmun mereka memang benar-benar menjiwai motornya. kalo ada trouble juga bisa di atasi sendiri

    Sering banget lihat kalo malam sabtu, saya perjalanan menggunakan bisa malam melintas di jalur selatan jawa tengah.
    mereka dengan penerangan seadanya, seperti konvoi namun jalan terpisah -pisah, ada jarak yang cukup jauh antar motornya…

  8. hmmm.di Solo jg sering liat , dulu ada temen kuliah jg aliran begini..wah sadis kuliah jg ga mandi ga apa2..tp kayanya trus dapet pacar, trus ‘sadar’,,,hahahaha

  9. sebenernya rat bike ini,adalah bnyk pesan moraL kalo anda2 semua mengerti,,,untuk semua org yg serin buang sampah se enak Jidatnya sembarangan,bkin banir,,,nah mereka hanya sebagian contoh kecil, walaupun kita ga perlu mengikuti gaya mereka,,,,mereka aja mau nyompen sampah buat kenang2an,,,kita yg ga perlu sampah,,jd jangan lah buang sampah sembarangan,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s