TOMBO NGANTUK…OBAT KESEL….

Libur long-weekend baru aja usai…karena gak ada kegiatan pas libur, akhirnya muter2 juga ngukur jalan sambil membuang bensin. merasakan sensasi riddin’ meski hanya modal motor bebek. Halah gapapa…yang penting bukan motor kreditan ataupun barang pinjeman

Karena dijalan sempat kehujanan…badan meriang juga. Akhirnya mampir di angkringan/hik. Pesan Wedang Uwuh..begitu disruput..mata langsung jadi terang kembali..sudah gak semrepet. Rasanya yang Khas menjadikan wedang uwuh sebagai minuman favorit dikala cuaca dingin.

Wedang Uwuh

opo sih wedang uwuh?? hehehe.wedang aneh ini setahu saya cuma ada di Bantul…entah kalo di daerah lain. Nemunya juga di angkringan pinggir jalan kalo sore hari. Konon kabarnya..sentranya wedang ini berada didaerah Imogiri….Trus bahan2 yang dipake apa tho kok langsung bisa bikin mata yang 5 watt jadi terang kembali. Kata kang heru yang buka lapak didepan kantor telkom Bantul bahanya ya seperti wedang jahe…nih komplitannya…

750 ml air

40 g serutan kayu secang kering

50 g gula batu/gula pasir

6 cm jahe di geprek

2 lembar daun kayu manis kering

3 lembar daun cengkeh kering

10 butir cengkih/batang cengkih kering

Kenapa kok dinamakan wedang uwuh ya? opo cuma cari sensasi nama saja…ato memang gara2 penampakan yang ora-karu2an itu ya…..sing penting begitu selesai turing..trus mampir nyruput wedang uwuh badan jadi tokcer kembali……….

9 thoughts on “TOMBO NGANTUK…OBAT KESEL….

  1. ➡ bener bro, hanya ada di Imogiri… dinamakan weang uwuh karena dari segi penampilan dan bahan baku seperti “uwuh”. tetapi tidak sembarang “uwuh” loh, di sini yang digunakan adalah “uwuh” yang berkhasiat! banyak fungsi sebagai antioksidan bagi tubuh, khsusunya jahe yang mengandung zingiberan, cengkeh dengan minyak polifenolnya, secang sebagai pewarna merah juga mengandung antioksidan dll.. hmmm, uenak-e….:mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s