Mengakali Slang Kompor Gas yang Belum SNI

hehehe..sorry nih…lama gak on-line! Bukannya males..tapi baru ada acara…Yup, dah denger kan kalo beberapa part pada kompor gas, terutama yang bantuan belum ada SNI-nya! Kayaknya pemerintah kita kacau banget, Ngorbanin nyawa rakyatnya dengan me-release bantuan yang gak aman..yang gak memperhatikan kemungkinan terburuknya! makin sering aja terdengar bahwa kebakaran besar terjadi karena kompor gas meleduk!….

Sebenernya yang meledak itu kompornya atau tabungnya ya? Pertamina sendiri mengelak jika tabungnya yang jadi biang kerok kejadian. Setahu penulis juga kalo pressure-vessel itu harus mengacu pada standar ASME-Section VIII..jadi ya ketat banget, atau minimal aturan yang ditetapkan sesuai dengan API…tapi kalo inspector-nya nakal, entah NDE atau WI-nya itu sih lain soal. sebab setiap pengelasan harus lolos dari X-ray! kalo tidak ya jika terjadi kegagalan pada pengelasan ataupun bahannya ada laminasi tidak akan diketahui.

Nah..sekarang BSN baru menginformasikan jika yang terstandarisasi baru tabungnya! sedangkan selang (yang warna item) belum ada standarnya. jika pun ada stempelnya cuma stempel iso, padahal iso sendiri adalah stempel buat standar manajemen suatu badan/perusahaan; bukan standar untuk mutu atau kelayakan! Repot juragan………

Trus bagaimana..nih, pasti ketar-ketir juga ketika mau ganti tabung gas, takut kalo kompor meleduk! Untuk mengurangi resiko bocornya gas pastikan karet pada dop tabung masih bagus. dan ketika dilakukan pemasangan pastikan juga bahwa tidak ada suara mendesis disekitar regulator.

Untuk slangnya sendiri penulis memiliki pengalaman dengan mengisolasi slang memakai isolasi kertas, cuma menjaga ketika terjadi kebocoran slang tidak pecah dan gas tidak menyembur secara liar. sebenarnya untuk slang juga tidak menerima beban pressure yang tinggi, kan volume gas yang mengalir telah diatur oleh regulator..yang penting dalam slang ada benang atau kawat rajutan yang menyusun slang itu sendiri..gak perlu ganti slang yang model untuk slang rem cakram…hehehehe semoga aja sharing ini bisa meminimalisasi dampak kebocoran gas yang jadi sumber kebakaran! tapi kalo slang udah retak diganti aja ya..sayang nyawa aja………

3 thoughts on “Mengakali Slang Kompor Gas yang Belum SNI

  1. @ aseen & @ aditric : yah selama ini yang digembar-gemborkan cuma helm..padahal gak semua orang naik motor!!! lha yang setiap rumah make gas malah perlengkapan pendukungnya tidak SNI!!! parah…kacau…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s