KEBELET MO PAKE CDI RACING, TAPI KOK…..MENGECEWAKAN

Wah postingan-nya dari kemaren kontroversial terus! kalo kemaren udah bahas bensin (mungkin mau diperdalam masalah RON dan MON), oli juga busi sekarang saatnya bahas masalah CDI. banyak model juga merek dipasarkan. semua ngaku racing dan mampu dongkrak tenaga, emang bener apa? mikir sejenak deh, ninja yang HPnya 27 aja dikota jalan paling pol 80kpj. trus kalo punya supra x 125 dengan HP 9 juga bisa jalan 80kpj dikota, kok banyak orang pada ngotot ganti ini dan itu untuk menaikkan performa yak?! *masih mikir dan gak begitu ngerti*

banyak orang ganti part kompetisi (ngakunya racing) untuk menambah kecepatan! semua sepakat bahwa tolok ukur yang dipakai adalah HP (Horse Power)! misal aja nih honda blade dari Power 7,12 HP  dinaikkan dengan menggati CDI dan knalpot agar powernya terdongkrak menjadi lebih tinggi, dengan harapan motor top speednya lebih tinggi dan lebih responsif dalam berakselerasi. saya yakin jika kecepatan standart Blade tersebut tembus 100kpj setelah ganti part larinya gak lebih dari 120kpj! padahal sudah berkorban uang banyak dan efek dari penggantian part standart adalah motor durabilitynya berkurang.

masuk ke inti masalah nih, gimana sih cara kerja CDI racing, kok sampe bisa nambah power motor? cara kerjanya sih seperti CDI satandar, cuma timing pengapian lebih advance dan limiternya digeser pada rpm yang lebih tinggi. kalo cara masangnya ya tinggal dicolokin ke socketnya aja. trus nambah gak performanya? kalo CDI diganti dengan label ‘racing’ dan bensinnya gak diganti sama saja bohong! timing pengapian yang dimajuin otomatis butuh bensin dengan octane yang bagus! kalo bensinnya premium maka mesin akan ngelitik. Kenapa kalo diganti CDI racing motornya gak mau langsam? waduh pertanyaan apalagi nih? ya karena setting pengapiannya terlalu maju dan gak matcing sama kompresi mesin. jadi kalo mau setting mesin dimulai dari BBM yang mau dipake, kalo udah baru dihitung kompresi yang pas, terakhir atur ulang timing pengapian. itu sih yang sederhana.

Trus kalo pake CDI racing apakah tenaganya bisa los/keluar semua? banyak orang mikir kalo pake CDI racing akan memperoleh kecepatan lebih karena limiternya gak ada! benarkah pemikiran diatas? Sampeyan yang tertarik bisa intip grafik pengapian antara motor STD dengan CDI bawaan dan motor STD dengan CDI racing diweb tetangga! perhatikan baik-baik grafiknya. ambil contoh honda blade aja ya. tenaga maksimal didapat pada RPM 8000 HPnya 7.12 (STD) begitu diganti CDI racing power didapat pada RPM8000 HPnya 7.55. dari hasil ini jelas kan bahwa tenaga motor cuma oke di rpm 8000, lewat dari itu tenaga drop lagi! jadi percuma kan beli CDI racing meski tanpa limiter, jika mengharapkan tenaga keluar semua karena gak ada limiternya!

Sebenarnya tenaga maksimal itu diperoleh dari hitung-hitungan  lebar klep yang dipakai! semakin kecil klep yang dipakai maka tenaga akan diperoleh pada RPM yang rendah. kalo mau Power keluar pada rpm tinggi maka gedein aja klep isapnya, tapi hal ini berimbas pada besarnya porting dan karburator yang dipakai! lain kali akan coba untuk dibahas saja, biar jelas!

woke pembahasan kali ini sekian dulu deh, jika ada masukan sok ae…..intinya, CDI racing bekerja dengan memajukan waktu pengapian. jadi jangan asal beli kalo belum tahu konsekuensinya, kasihan yang jual CDI karena dapat komplain yang terdengar lucu…….semoga bermanfaat!

7 thoughts on “KEBELET MO PAKE CDI RACING, TAPI KOK…..MENGECEWAKAN

    • kalo punya pengetahuan tau pengalaman boleh kok si share……….next time kalo cukup ilmunya mo bahas noken as sama aplikasi klep! maklum dah lama gak pegang motor, cuma make aja…jadi agak lupa

  1. Jgn terkecoh dgn CDI racing. Harapan yg berlebihan dpt membuat kita kecewa..jgn sampe kita beli CDI yg katanya bagus setlah dipasang pd motor standar malah gak ngaruh..sy pernah beli CDI racing unlimiter dual band merk B*T dipasang dimtr katanya unlimiter eh gak ngaruh apa2 tetap kayak pake cdi standar

  2. klo cuma ganti noken as in aja kira2 bisa gak masbro naikkan performa? (misal noken sudah dipapas base circlenya utk naik liftnya)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s