Honda merilis mesin twin 233cc paralel…kok mirip mesin versa di jejer ya?!!

ketika ada teman narsis atau posting tentang motor Honda twin saya cukup penasaran, bukan apa2 sih …karna melihat bentuk mesinya mirip sekali dengan mesin honda versa yang di paralel kan…tapi kok cetakan mesinya HM (honda motor)…bukan AHM cikarang …hihihihihi….apa honda versa itu aslinya twin yang disunat??

tuh kan mesin versa dijejer

tuh kan mesin versa dijejer

nih spek mesinya 233cc twin lagi

nih spek mesinya 233cc twin lagi

mesin versa...sekilas mirip...tapi yang ini down grade...hehehehe

mesin versa…sekilas mirip…tapi yang ini down grade…hehehehe

usut punya usut…ternyata honda telah merilis type CD 250 twin cylinder pada tahun 90an….seumuran honda tiger lah. dengan kapasitas 233cc twin paralel honda CD ini dilengkapi 5speed dengan berat kendaraan 136kg…mesin ini menggunakan single koil dan single carburator tipe CV dan mampu melaju dengan kecepatan 140km/jam….weh…jos juga ternyata…

inilah honda twin 233cc...keluaran tahun 1992...

inilah honda twin 233cc…keluaran tahun 1992…

nah..itulah bentuk utuh honda CD 250…mirip honda cb. sekarang bentuk mesinya dipakai honda versa…hadeh…… trus mbuh..kabar burung honda akan menjual honda vtwin jadi apa enggak…..tak kirain pas pertama lihat mesin itu adalah mesin versa dilas…hahahahaha…ternyata asli ada….yo wes….sekian dulu ya cerita malam ini…sesuk tak posting cara ngecat pelek krom….

 

Bikin Kopling Manual Honda Supra 125 Injeksi Helm in…Lari 100kpj cukup gigi 3

Bismillah…ya allah ini saya mau sharing cara membuat kopling manual di  honda supra x 125 injeksi Helm in!! ceritanya gini…pagi2 ada kastemer langganan bawa temen…dianya sudah empet, karna honda supra x 125 helm ini miliknya larinya lemot….gigi 4 cuma jalan 80kpj…bisa sih naik jadi 100kpj tapi diurut pelan+ butuh trek yang panjang….wuuu…bisa dilibas cb blar2 saya dunk…xixixixi….sudah ditawarkan ke diler untuk dijual…eh..cuma ditawar 8juta…hadew…padahal nih motor rakitan 2013…

kopling terpasang rapi...nyaris tak terlihat...

kopling terpasang rapi…nyaris tak terlihat…

Nah….masnya ini gak muluk2…tarikan spontan dan sanggup lari 120kpj katanya sudah cukup…yo wes pasang kopling manual saja….Problemnya muncul…dipasaran bak kopling honda supra x 125 injeksi helm in yang sudah ada stut koplingnya gak ada yang jual….kan bisa pake karisma/supra x 125 karbu….wohohoho….blok kopling supra pgm F1 ini beda mas bro dengan yang versi karbu….Lhah…malah kokean ndleming….woke…Ngopi trus kerja!!

TAHAPAN MODIF KOPLING MANUAL HONDA SUPRA X 125 PGMF1 Helm In

1. Motong dudukan spion sebelah kiri…jangan lupa siapkan handel kopling +dudukan hendel kopling Tiger yang ori-kimcil..tujuanya agar nanti spion kiri tetep bisa dipasang…Lubangi batok lampu bagian hendel dengan tuner

Dudukan spion di stang bagian kiri dipotong

Dudukan spion di stang bagian kiri dipotong

pasang Handel kopling tiger+dudukanya...sebelumnya rapikan bekas potongan dudukan spion dan cat ulang...jangan lupa batok lampu dikrowok tuner

pasang Handel kopling tiger+dudukanya…sebelumnya rapikan bekas potongan dudukan spion dan cat ulang…jangan lupa batok lampu dikrowok tuner

2. Bikin Dudukan Kabel Kopling di bak…

bikin dudukan kabel kopling pake plat 2mm...jangan lupa rapikan dan cat biar kimpling

bikin dudukan kabel kopling pake plat 2mm…jangan lupa rapikan dan cat biar kimpling

3. Las Kopling ganda untuk mematikan Kinerja sentrifugal kopling

lepas kampas sentrifugal dan las mangkok sentrifugalnya dengan plat dudukan kampas....pake las listrik ato argon ya bro

lepas kampas sentrifugal dan las mangkok sentrifugalnya dengan plat dudukan kampas….pake las listrik ato argon ya bro

4. Pasang Mekanisme pengungkit Kopling dan Las bak kopling dengan las Argon

inti dari kopling manual...bikin stut penekan...as kopling pake Honda tiger lubang atas harus dilas argon dan plendes penekan bikin ditukang bubut...tebal plendesnya 22mm....

inti dari kopling manual…bikin stut penekan…as kopling pake Honda tiger lubang atas harus dilas argon dan plendes penekan bikin ditukang bubut…tebal plendesnya 22mm….

5. Rakit Bagian Setang

 

Bagian batok lampu dirakit bro

Bagian batok lampu dirakit bro

6. Bagian Bak Kopling dirakit bro

Bak kopling telah dirakit...rapi yo....

Bak kopling telah dirakit…rapi yo….

Rakit semuanya seperti sedia kala dan jadi!!….Dan hasilnya cukup mantab mas bro….sekarang di gigi 2 bisa tembus 70kpj dan gigi 3 shifting gear bisa diangka 100kpj…gigi 4 gak brani mas….eman nyawaku…..so mitos supra x injeksi gak bisa lari bisa terbantahkan….gak perlu porting polish atau pasang ECU Piggy back…cukup yang sederhana saja…..digas mumbul….hohohohoh……semoga sharing kali ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi kita bersama…..

2 tahun dengan vario techno….adakah keluhan???

sebelumnya….kami selaku penulis 5osial.wp mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya ibunda bonsai (warung motuba) dan di susul ayahanda yang menemani kepergian ibunda tercinta……semoga amal ibadah ayahanda dan ibunda diterima disisi allah…amiiiin……..

back to topik………

kebetulan dirumah ada vario tekno yang inden desember 2010….meski baru diantar maret 2011 dengan acara ngomel2 segala…..wekekkekekeke…nah selama (hampir) 2tahun pemakaian ini….apa saja sih yang telah diganti dan kira2 berapa biayanya???!!

1. waktu datang selang bensin langsung dipotong ditengah dan di sumpal dengan filter bensin….maklum..motor bawaan gak ada filter bengsinya

2. ganti oli di KM 450…dan penggantian waktu setelahnya setelah interval 2000KM (jarak tempuh)

3. ganti busi di KM 6000…bukan karna mati…cuma pengen ganti busi yang laen saja

4. bongkar roda, rem dan cvt setelah menempuh jalur jogja-candi cetho PP…dengan kondisi hujan deras dan jalan naik turun ekstrim sekitar 60 derajat (selepas karang pandan-candi cetho)…kondisi ban belakang kempes..motor di gledek sampe jogja…(dalam kondisi dingin gak tau kalo motor habis anginya)…parah bgt yang punya…wkwkwkwkwkwkw

5. Ganti ban dalam 2kali (bagian belakang semuah)

6. KM sekarang sampai di 14.600…dengan konsumsi BBM bengsin eceran pinggir jalan …rata2 konsumsi BBM 1liter untuk 50KM perjalanan…..

karena vario ini motor baru…sampe sekarang belum pernah masuk bengkel untuk servis rutin…..mbuh didalem mesin ato karburatornya udah kotor ato belum yo gak tahu….kalo dikendarai juga normal2 saja dan bisa jalan sampi 90kpj (dari baru segitu2 aja gak nambah…wkwkwkwk)

dan sampe sekarang juga gak kepikiran kalo garansi hangus nanti gimana…hehehehehe…soalnya gak ngarep adanya garansi….soalnya garansi itu mirip fenomena fatamorgana….kalo dari kejauhan ada…giliran di dekati menguap entah kemana………..

so….pengeluran selama 2tahun pake vario techno adalah

1. beli filter bensin 5ribu

2.beli busi 34ribu

3. biaya bongkar roda,rem dan cvt karna rasanya geal-geol setelah di geladak…35 ribu

4. ban dalam +jasa (2kali)….@ 35 ribu…jadinya 70 ribu

5. beli bensin dan oli lupa…soalnya gak ngitung…misal bensin 1liter menempuh 50 KM…maka di KM 14.600 dah habis bensin 292 liter ato 1.4600.000 (1liter 5ribu di bengsin eceran)  untuk oli dah ganti oli 8kali…1kali gratisan dan 7kali biaya sendiri ….jika 2 kali pake castrol matic seharga 35ribu…dan 5kali pake pertaminah enduro racing yang sebotol seharga 40 ribu…maka untuk oli habis..270 ribu……….

sehingga pengeluaran buat perawatan vario selama 2tahun…..1.87juta….(diluar pajak kendaraan)…………

so…menurut saya masih terhitung irit….dan wajar…

berapakah pengeluaran unutk motormu???

Mesin tiger di rangka GL…gerinda dulu bos..biar bisa masuk!!

sebenernya ini sudah agak lama..pas lebaran haji kemaren….ngerjain GL yang dipasangkan mesin tiger….ditungguin sesepuh BTN (Bocah Tua Nakal) dari purwakarta…kebeneran pas ngerjain mesin ini om Yahon (owner RYS Motor)  datang….

karena dah lama fotonya dah pada ilang….sekedarnya aja ya….mesin CB dan Gl dibelakang kick stater profilnya rata…sedangkan di seri neotek dan tiger masih ada jendolan dibelakang as kick stater…nah bagian ini yang gak bakal masuk pada rangka CB/Gl kalo tidak digerinda….setelah diratakan dengan gerinda rangkanya…baru deh blok tiger bisa bersemayam …efeknya per pembalik pedal rem gak bisa dipasang….

rangka  pemegang mesin bagian belakang perlu digerinda/disesuaikan

rangka pemegang mesin bagian belakang perlu digerinda/disesuaikan

per pada pedal rem harus pindah posisi

per pada pedal rem harus pindah posisi

mesin yang dipasang alakadarnya....hehehehe

mesin yang dipasang alakadarnya….hehehehe

setelah dimal...masuk deh mesin dengan elektrik stater punya meong

setelah dimal…masuk deh mesin dengan elektrik stater punya meong

hihihihi..pemegang mesin bagian atas belum dipasang…bener kata juragan motor garuk tanah purwakarta…mesin tidak anteng (getar)….

Make over honda Gl 100 menjadi CB Blar-blar

awal bulan ini secara tidak sengaja saya mendapat tawaran mbayari Gl 100 82 dengan harga murah….keadaan memprihatinkan….ckckckckck…jok aja dikaretin ban…hadew….

gl 100 yang memprihatinkan

gl 100 yang memprihatinkan

karena dana untuk restorasi terbatas…akhirnya dipilihlah modif super hemat biar tampilan berubah jadi CB….apalagi istri ngajakin hunting spare part CB dipasar klitik-an…..”aku kasih duit sejuta…jadiin CB buat nganter anak2 yah…please…!!” begitulah rengeknya….tanpa ba-bi-bu langsung bawa gerobak kepasar klitik-an buat borong spare-part….

1. tangki press + tutup

2. jok tebal

3. refektor lampu depo+ batok

4. kupingan lampu

5. kancut aki

6. handel pegangan tangan

7. stop lamp

8. Gas spontan Day-Tono…hehehehe….kalo pake magura ato domino mahal….

sampe dirumah hari sudah larut malam…dan ketika dipasang…wew…gak ada yang pas!! Damn….akhirnya dengan modal muka tebal dipinjamlah gerinda tangan dan pemotongan rangka pun dilakukan…..setelah beres…motor dibawa ke tukang las buat ngelas bagian2 tertentu seperti dudukan tangki yang gak matcing dan dudukan jok…..

handel pegangan juga gak bisa terpasang…akhirnya kabur ke tukang bubur…eh bubut buat membuat slot/oval…..bekas las2an dan gerinda dicat alakadarnya…dan pemasangan dilakukan dalam tempo sesingkat2nya……wekekeke….

akhirnya make over ngasalpun jadi….

make over  tahap 1 selesai

make over tahap 1 selesai

modif simpel dengan dana mefet

modif simpel dengan dana mefet

motor emang belum kumplit…seperti sein dan spion….lampu juga belum menyala…cuma mesin saja yang menyalak kentjang….hehehehehe…..surat2 didapat utuh meski mati beberapa tahun….kalo mau jalan ya baca surat alfatihah…dah cukup…kalo ditanya pak polisi tinggal nyengir…xixixixixixi…..plat nomor juga masih kafirin…karena emang belum dimutasi……setelah mutasi dan membereskan kaki2+ lampu besok diposting lagi…sekian dulu sahrenya…..soalnya selama ini jarang share masalah body

 

 

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 614 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: