Membuat Sendiri CDI Mobil….Platina tetep terpakai dan awet!!

Halo brother….Nunggu bengkel bubut buka memang sesuatu ya….Kok gak beranjak ke hari senin ya…..hehehehehe…njur arep ngopo iki?? tadi pagi sempat blusukan ke warga kurang mampu dan ikut baksos…halah…tetep saja turah waktu…sore iseng2 ngecat frame….eh kok langsung kering….hihihihi…Yo wes ngoprek CDI mobil yang kemaren tewas!!!

Bagi pemilik mobil bekas seperti saya perjalanan jauh itu seperti mimpi buruk….apalagi mesin masih menggunakan pengapian platina… Nah biar gak kebengkel terus  ganti pengapian dengan CDI adalah solusi jitu….tapi sayang bro…CDI ori starlet berkisar 2jutaan.

Yo wes…bikin CDI sendiri saja…murah kok!! Fungsi CDI disini cuma sebagai pengumpan listrik ke koil ya…jadi ujung tombak pengapian tetap pakai platina. bahasa bengkelnya platina difungsikan sebagai pulser (sensor) pengapian. jadi urutanya…Platina sebagai penerima sensor——> sensor diolah CDI buatan ——> listrik dari CDI diumpan ke koil bawaan——> listrik diterima busi….disini pengolah listriknya adalah transistor daya, sehingga platina yang semula sebagai penghubung dan pemutus arus beralih fungsi. Efeknya platina menjadi awet dan tidak perlu servis atau ganti!! itu yang penting…sehingga irit biaya servis. oke langsung saja ditengok dattar komponen yang perlu di beli.

daftar komponen CDI

1.  Q1 transistor daya IRF 840/760

  1. R1 470 ohm 0.5watt
  2. Q2 BD 140

  3. R2 Resistor keramik 150 ohm 2watt

  4. R3 470 ohm 2watt

  5. R4 4k7 ohm 0.5watt

7.  C1 224Hs/ 250Volt

Nah itulah yang perlu disiapkan.  sebetulnya disolder langsung juga bisa jalan. tapi ya itu…ketika panas berlebih solderan bisa lepas. nah untuk itu bisa bikin pcb sendiri. pcb polos disablon dan dicelup ke ferriclorida sehingga hasil bisa rapi. untuk yang seneng utak atik…bisa buka aplikasi DROID PCB di play store…yang gak ngerti nanti bisa copas dari sini…woke….

ini diagramnya

ini diagramnya

siap disablon...pake soft ware droid PCB by  play store

siap disablon…pake soft ware droid PCB by play store

ini contoh setelah jadi

ini contoh setelah jadi

Pokoknya dijamin platina awet…mobil digas juga responsif dan merata tenaganya….dan yang pasti…ngirit bensin…juga irit biaya ke bengkel…saya sudah memakai selama 1thn lah kira2 …tanpa kendala dan belum pernah bermasalah….cuma kemaren tak lihat kondisi kapasitor sudah semaput..akhirnya mencoba bikin sendiri…

woke bro…semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi…..pokoknya mobil platina wuenak kalo pake cdi beginian…gas bablas bensin uirit

 

 

tips…trik..dan akal2an Rekondisi aki kering biar bisa normal kembali….

Malam bro….lama yah gak nongol….gimana kabar pembaca semuwah?? masih banjeer…podo wae kene yo banjeer. tenang bro itu baru uji coba toll laut kok….bentar lagi juga gak banjeer lagi

lanjooot. jamane susah…apalagi buat motor injeksi…..aki pasti jadi sarana fatal dan vital…gak sekedar kudu ada…tapi wajib bekerja normal. nah sekarang kan jaman aki kering…sayangnya baru dipake 4bulan atau enam bulan sudah mati…tenang bos…aki kering bisa diperbaiki jika mati…..aki kering bisa direkondisi. caranya gimana??

sebenernya aki kering itu seperti catridge printer…ada semecam busa didalam kotak sel nya. nah jika kita bisa mencongkel penutup dan menyuntik kotak selnya dengan aki/air aki zuur….dijamin aki bangkit kembali….dengan syarat sel cuma kering saja kondisinya. kalo sudah rusak ya wes gak bisa direkondisi.

aki kering setelah dicongkel penutupnya

aki kering setelah dicongkel penutupnya

suntik setiap sel dengan 15cc air aki zuur

suntik setiap sel dengan 15cc air aki zuur

isi setiap sel dengan 15cc iar accu zuur ya bro…..sebelum di isi air aki …accu coba dicek dengan avo…beuh…cuma nunjuk 2volt….setelah di isi per sel dengan zuur 15cc dan ditunggu sekitar 15menit voltase aki naik jadi 8volt….waow dan setelah dicharge selama 2jam voltage aki sudah mendekati 12 volt.

nah balikin tutup aki dan lem pake alteco atau power glue. selamat mencoba yo bro…nih aki sudah 6bulan mati dan umur aki dari maret 2011. gimana bro…….mau coba?? smoga sukses dan bermanfaat bagi kita semuwah

Mitos larangan pergi ke pantai parang tritis dengan CB warna hijau dan kostum warna hijau…adalah HOAX!!

malem bro….sehat?? semoga allah swt memberikan kesehatan dan kesempatan berbuat baik….lets go ke topik bahasan

Bulan April tepatnya tanggal 4 dan 5…Warga CB se nusantara akan menghadiri hajatan ultah CB Police Bantul…Acaranya akan dihelat/dilaksanakan di pantai parangtritis. Hem sudah lama ya tidak ada acara…tinggal ada waktu dua bulan lagi untuk menyiapkan CB kesayangan gas ke bantul jogja.

Nah…berbagai rumor berkembang!! ada BC yang menyatakan kalau mau keparang tritis jangan memakai baju warna hijau…ataupun bagi dulur CB ya dilarang pakai CB warna hijau……karna ada kepercayaan bahwa yg beratribut hijau akan sial karna jadi tumbal nyi roro kidul…. (INI HOAX)

Hijau bebas ke parangtritis...asal CB gak diceburin ke laut

Hijau bebas ke parangtritis…asal CB gak diceburin ke laut

Saya sendiri sebagai tukang oprek CB yang tinggal dibantul kaget. Kok ada berita seperti itu…Saya sak jeke urip (red dari kecil sampai dewasa) belum pernah mengetahui larangan aneh ini. dan ini sekedar guyonan dan HOAX belaka.

Banyak wisatawan yang terseret ombak parang tritis karna tidak tahu bahwa parangtritis punya tipikal dasar laut yang curam membentuk palung (lembah laut) sehingga jika terjebak ombak ya tidak selamat. selain itu perlu di ketahui bahwa pantai parang tritis sering kedatangan ubur2 yang cukup beracun bagi kulit. apabila tersengat maka kulit akan gatal…juga panas seperti terbakar. so kalo mau datang ke jogja ngegas CB ya silakan. bebas…mau pake baju hijau..CB hijau ya monggo, lagian pak tentara kalo latihan disana juga pake baju hijau aman2 saja….hehehehe…Nyi roro kidul bukanlah penunggu pantai selatan yang keranjingan CB ya bro….apalagi  CB jadi2an dengan mesin jahat…

Yang penting siapkan CB sebaik2nya…nge gas kalem dijalan…jangan lupa bawa sangu yang cukup, pamitan pada istri juga orang tua….mangkat slamet mulih slamet ora kurang,  juga tidak lupa berdoa pada allah agar silaturahim nya barokah…amiin

segitu dulu sharing kali ini smoga bermanfaat…

Cara ngecat pelek motor crom agar tidak cepat mengelupas

malem bro….pernah gak kepikiran untuk mewarnai pelek yang krom2 an dengan warna cat kesukaan?? dan apa yang terjadi setelah pelek krom dicat??…hehehehehe…pasti ketika memasang ban akan ngelotok semua catnya!! sudah pasti….ada yang ngomong kalo pelek di klir dulu baru diwarnai….tapi tetep tidak tahan lama mas bro….apalagi dikasih warna kuning atau ijo kayak pewarna kain itu…yang ada pelek jadi motif polkadot kalo sudah pada luntur catnya…hehehehe

ngecat pelek krom yang paten dan jozzz

ngecat pelek krom yang paten dan jozzz

gimana bro…hasil cat2an pelek diatas…mancaaap kan?? tau sendiri kan betapa susahnya masang ban swallow ssb 117. masangnya aja kayak ngajakin ribut!! dipompa juga gak langsung ngembang….tapi terlihat bahwa pelek masih muyus…kayak pahanya syahrini…

ngecat pelek diatas menggunakan teknik powder-coating. pake mesin gitu deh….nah, kenapa teknik cat powder coating bisa tahan ngelotok meski dicongkel2??? karna sebelum proses pengecatan bahan yang akan dicat…untuk sampel adalah pelek did krom ini diproses sand-blasting. dengan proses sand blasting permukaan jadi bersih dan tidak licin…kromnya rontok…ehehehehe…

cat ini selain tahan gores juga tahan panas..cocoklah jika blok akan dicat item…gak kuatir cat terbakar dan hangus!!…so kalo mau perfect…cukup di sand blast+ powder coating….maka dijamin pelek akan awet catnya!

hem…untuk sharingnya cukup ya…semoga menambah wawasan dan juga bisa menjadi ilmu yang berguna bagi kita semua….amin…

Honda merilis mesin twin 233cc paralel…kok mirip mesin versa di jejer ya?!!

ketika ada teman narsis atau posting tentang motor Honda twin saya cukup penasaran, bukan apa2 sih …karna melihat bentuk mesinya mirip sekali dengan mesin honda versa yang di paralel kan…tapi kok cetakan mesinya HM (honda motor)…bukan AHM cikarang …hihihihihi….apa honda versa itu aslinya twin yang disunat??

tuh kan mesin versa dijejer

tuh kan mesin versa dijejer

nih spek mesinya 233cc twin lagi

nih spek mesinya 233cc twin lagi

mesin versa...sekilas mirip...tapi yang ini down grade...hehehehe

mesin versa…sekilas mirip…tapi yang ini down grade…hehehehe

usut punya usut…ternyata honda telah merilis type CD 250 twin cylinder pada tahun 90an….seumuran honda tiger lah. dengan kapasitas 233cc twin paralel honda CD ini dilengkapi 5speed dengan berat kendaraan 136kg…mesin ini menggunakan single koil dan single carburator tipe CV dan mampu melaju dengan kecepatan 140km/jam….weh…jos juga ternyata…

inilah honda twin 233cc...keluaran tahun 1992...

inilah honda twin 233cc…keluaran tahun 1992…

nah..itulah bentuk utuh honda CD 250…mirip honda cb. sekarang bentuk mesinya dipakai honda versa…hadeh…… trus mbuh..kabar burung honda akan menjual honda vtwin jadi apa enggak…..tak kirain pas pertama lihat mesin itu adalah mesin versa dilas…hahahahaha…ternyata asli ada….yo wes….sekian dulu ya cerita malam ini…sesuk tak posting cara ngecat pelek krom….

 

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 622 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: