Ban Swallow SB 177…Membuat Japs Style/ Scrambler murah meriah

Jap Style dan Scrambler sedang booming saat ini brow….aku yo mumet karna pengen bikin buat tunggangan sehari-hari. Sayang…sudah setahun mbangun kok gak jadi-jadi. yah…nunggu mod memang susah mas bro…di angan-angan biar pas….eh giliran dibeli dan terpasang jadi aneh bentuknya…hufttt…

terasing dipojok ruangan

terasing dipojok ruangan

dibangun perlahan....cukup buruk

dibangun perlahan….cukup buruk

cukup lama sekali teronggok….dari musim durian 2014 sampe musim durian 2015 tak ada yang signifikan…halah…patokanya musim durian…

nah…setelah kemaren hunting2 …ketemu deh ban swallow sb 117….Untuk ukuran Ring 18″ dengan ukuran 120/80 harganya relatif murah…meski begitu bagi saya tetep saja mahal….harga HET 450ribu dan dapat diskon jadi 380ribu….padahal biasanya 370ribu…semenjak ekonomi gak stabil seperti saat ini…biaya modifpun jadi tidak jelas

ban swallow sb 117

ban swallow sb 117

inilah GL bernasib malang yang lama teronggok....kurus kering dengan ban ceking

inilah GL bernasib malang yang lama teronggok….kurus kering dengan ban ceking

wala....bagian belakang menjadi padat berisi berkat swallow sb 117

wala….bagian belakang menjadi padat berisi berkat swallow sb 117

lekuk knallpot begitu indah...cukup menggoda dan bisa menjadi trend virus baru

lekuk knallpot begitu indah…cukup menggoda dan bisa menjadi trend virus baru

hhihihihihi…setahun berlalu…perubahan yang terjadi hanya sedikit saja….maklum dana masih berat untuk beli beras dari pada beli ban….Jika ada donasi untuk ban depan seri sb 117….mungkin dari pihak swallow atau deli tire…5osial.com akan sangat senang…..

Leher knalpot ala scrambler juga menambah kesan motor yang simpel…juga nakal!!…hem…pokoknya mangkin seneng saja dengan lelaku kastem….saya tidak sendiri…banyak rekan2 pengguna tiger juga bergabung untuk membantai motor mereka….tapi ada syaratnya lho…motor yang dipenggal bukan motor yang beliin ortu atau bokap ya…ruwet urusanya!!…semoga menginspirasi….salam hangat dari 5osial.com

Pengerjaan GL max 240cc…BLOK KOP Jaguar

hallo bro…piye kabare?? jika tanggal 13 february saya membongkar GL max untuk dijadikan mesin jahat…sekarang sudah terwujud…GL max BLOK KOP JAGUAR bisa di rakit dengan rapi

ketika kalter jaguar disandingkan kalter GL max

ketika kalter jaguar disandingkan kalter GL max

untuk menyelesaikan masalah diatas perlu dilakukan pengelasan….

mesin setelaah selesai melalui tahap las dan frais

mesin setelaah selesai melalui tahap las dan frais

wohoho…sekarang berapa ya diameter kalter yang baru?? Pokoknya piston Scorpio bisa tenang bersemayam

Kruk as CG 200 siap dibenamkan sebagai jantung mesin

Kruk as CG 200 siap dibenamkan sebagai jantung mesin

sayangnya kruk as CG tidak PNP dengan kalter GL max juga Blok KOP jaguar….perlu naik ke tukang bubut juga ganti stang piston yang gede

Stang Piston dipesan khusus agar pen piston bisa klop dengan Stang piston...

Stang Piston dipesan khusus agar pen piston bisa klop dengan Stang piston…

setelah Kruk as jadi….ada masalah pada kalter kanan…ini yang sulit

Fitting kalter kanan

Fitting kalter kanan

Kalter kanan ini meski bagian atas (BLOK-KOP) sudah pas…tapi pada bagian samping…tidak Pnp juga…ngakali rasio…stoper..laker2, susunan rasio juga perlu ngeset as slah!!huft….ini butuh waktu tenaga juga pikiran

Piston sundul...7mm

Piston sundul…7mm

bagian kalter OK…sayang piston masih sundul 7mm!! hemmm…ini bukan lagi ngakali…tapi re-design engine!!

piston bersemayam dengan aman

piston bersemayam dengan aman

hehehehe…dengan bantuan plat diral dibuatlah paking almu setebal 7mm!!

dari 13  february sampe awal april...2bulan...baru kelar

dari 13 february sampe awal april…2bulan…baru kelar

setelah 2bulan pengerjaan akhirnya kelar juga mesinnya…..GL max dengan Blok kop jaguar….secara umum modif gl pro-max jadi jaguar 240cc ya seperti diatas…untuk data teknis ya bisa japri saja

dan yang kepake dari mesin lama cuma kalter kiri dan rasio+ as slah….juga pengapian itupun dengan modif juga.  penting sekarang mesin sudah 240cc dan siap dikirim ke surabaya….

segitu dulu semoga bermanfaat juga nambah wawasan kita bersama…amin………………

 

 

Membuat CDI mobil tahap 2…perakitan!!

met malam bro…ses…abang…pak RT..pak Lurah…bang Mandor dan semua pembaca setia.. 5osial.com. oh ya dikomentar artikel kemaren ada yang protes…lho mas..ini TCI bukan CDI…!! Yup anda benar sekali..secara teknis ini merupakan rangkaian TCI  yang menggunakan transistor mosfet type IRF….sedang CDI menggunakan sistem kapasitor discharge….tapi bagi yang awam masalah listrik seperti saya lebih enak menyebutnya sebagai CDI….seperti halnya pompa air itu adalah sanyo dan orang menyebut kamera sebagai kodak….

Lanjoot ke aksi nyata ya bro….setelah dapat daftar belanja komponen akhirnya meluncurlah ke toko elektronik langganan….beli feri klorit…tenol…pcb polos..bor pcb…komponen dan setelah total jendral habis 17juta bos!! itu kata kasir toko sambil senyum menggoda….yup cukup 17rebu sahaja!!

komponen yang akan dirakit

komponen yang akan dirakit

nah ada yang tanya juga kemaren….C disini merupakan kondensator ya…dipasaran cari yg 250Volt agak susah…kemaren dapat yang 224/270volt…yowes rapopo

skema sudah disablon dan siap dicelup fericlorit...lanjutkan dengan ngebor

skema sudah disablon dan siap dicelup fericlorit…lanjutkan dengan ngebor

rangkaian CDI siap...simpel dan cukup portabel

rangkaian CDI siap…simpel dan cukup portabel

nah mudah bukan….dengan modal 17juta…eh 17rebu rangkaian ini sudah bisa digunakan dan tidak lagi kuatir nantinya platina menyusahkan dan bikin pusing!! Bagi para pecinta CB standaran alias original….CDI ini juga joss diaplikasikan pada kendaraan!! wes…ngono wae moga bermanfaat dan jadi barokah…amiiiin….

Membuat Sendiri CDI Mobil….Platina tetep terpakai dan awet!!

Halo brother….Nunggu bengkel bubut buka memang sesuatu ya….Kok gak beranjak ke hari senin ya…..hehehehehe…njur arep ngopo iki?? tadi pagi sempat blusukan ke warga kurang mampu dan ikut baksos…halah…tetep saja turah waktu…sore iseng2 ngecat frame….eh kok langsung kering….hihihihi…Yo wes ngoprek CDI mobil yang kemaren tewas!!!

Bagi pemilik mobil bekas seperti saya perjalanan jauh itu seperti mimpi buruk….apalagi mesin masih menggunakan pengapian platina… Nah biar gak kebengkel terus  ganti pengapian dengan CDI adalah solusi jitu….tapi sayang bro…CDI ori starlet berkisar 2jutaan.

Yo wes…bikin CDI sendiri saja…murah kok!! Fungsi CDI disini cuma sebagai pengumpan listrik ke koil ya…jadi ujung tombak pengapian tetap pakai platina. bahasa bengkelnya platina difungsikan sebagai pulser (sensor) pengapian. jadi urutanya…Platina sebagai penerima sensor——> sensor diolah CDI buatan ——> listrik dari CDI diumpan ke koil bawaan——> listrik diterima busi….disini pengolah listriknya adalah transistor daya, sehingga platina yang semula sebagai penghubung dan pemutus arus beralih fungsi. Efeknya platina menjadi awet dan tidak perlu servis atau ganti!! itu yang penting…sehingga irit biaya servis. oke langsung saja ditengok dattar komponen yang perlu di beli.

daftar komponen CDI

1.  Q1 transistor daya IRF 840/760

  1. R1 470 ohm 0.5watt
  2. Q2 BD 140

  3. R2 Resistor keramik 150 ohm 2watt

  4. R3 470 ohm 2watt

  5. R4 4k7 ohm 0.5watt

7.  C1 224Hs/ 250Volt

Nah itulah yang perlu disiapkan.  sebetulnya disolder langsung juga bisa jalan. tapi ya itu…ketika panas berlebih solderan bisa lepas. nah untuk itu bisa bikin pcb sendiri. pcb polos disablon dan dicelup ke ferriclorida sehingga hasil bisa rapi. untuk yang seneng utak atik…bisa buka aplikasi DROID PCB di play store…yang gak ngerti nanti bisa copas dari sini…woke….

ini diagramnya

ini diagramnya

siap disablon...pake soft ware droid PCB by  play store

siap disablon…pake soft ware droid PCB by play store

ini contoh setelah jadi

ini contoh setelah jadi

Pokoknya dijamin platina awet…mobil digas juga responsif dan merata tenaganya….dan yang pasti…ngirit bensin…juga irit biaya ke bengkel…saya sudah memakai selama 1thn lah kira2 …tanpa kendala dan belum pernah bermasalah….cuma kemaren tak lihat kondisi kapasitor sudah semaput..akhirnya mencoba bikin sendiri…

woke bro…semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi…..pokoknya mobil platina wuenak kalo pake cdi beginian…gas bablas bensin uirit

 

 

Membuat mesin jahat!!! Cangkok Blok kop Jaguar di gl max….

Sore bro….piye kabare?? sehat?? semoga kita yang ada di sini dalam blog ini terberkati…amiiiin…

Lanjut ke topik bahasan…suatu hari saya mendapatkan kiriman mesin GL max 125cc…tapi keadaan saat saya terima..mesin sudah distroke up 68 mm dengan stang piston ninja 150R…Blok Kop menggunakan MegaPro yang sudah ditambah paking dan menggunkan piston tiger os 50….

sayang nya sang empu diakhir telponya ngomong kalo mesinya loyo bin sontoloyo dan ingin mencangkok mesin jaguar yang terkenal jahat dilintasan 1200M drag-touring….. yo wes..nanti digarap pelan2, toh 3tahun yang lalu saya pernah membuatnya dan sukses dikirim keluar jawa. Nah dari pada pusing membayangkan seperti apa wujud blok kop jaguar jika dibandingkan mesin tiger…monggo disimak baik2 gambarnya

mesin gl max dengan blok kop MP yang ditambah paking

mesin gl max dengan blok kop MP yang ditambah paking

hohoho...blok kop MP+paking kelihatan kecil...duh

hohoho…blok kop MP+paking kelihatan kecil…duh

ini detail bloknya

ini detail bloknya

kop dengan klep 34/30..cukup waow....

kop dengan klep 34/30..cukup waow….

nah..itulah mesin yang akan dicangkok ke kalter GL max….untuk penampakan pengerjaan akan di share minggu depan…karna mungkin baru hari senin mesin masuk tukang las untuk memperlebar kalter…..Gimana bro….cukup jahat untuk memenuhi panggilan touring…..

woke demikian dulu sharing tentang upgrade mesin jaguar di GL max….semoga bermanfaat…salam….

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 633 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: