Kopling GL vs Tiger…beda mas bro!!! Ati2 kalo mo modif…

beberapa waktu lalu begawan sempat pening….baru tidur nyenyak…eh Hape bunyi…sambil mengumpulkan nyawa mencoba mendengarkan suara dalam hape…”bro…aku pengen pasang kopling tiger di GL tapi kok ndak bisa masuk ya??” dengan sekenanya begawan menjawab..”ndak bisa masuk gimana?? jangan2 elu gak bawa kunci kali….jadi gak bisa masuk!!!”…..wekekekekeke….

nih penjelasannya

ini kopling set punya tiger...pake bos pada tengahnya!!!

gambar diatas adalah kopling set tiger…ada sebuah bos (gl tidak memakai bos) diatas piringan gir sekunder!! nah agar gigi sekunder terkunci…ada nok (cekungan)!! inilah yang sering kali disinyalir sebagai awal suara mesin kemlotak…pada tiger

ketika kopling house dibongkar

nah, setelah dibongkar dengan melepas klem (keling-an)…didalamnya terdapat karet peredam!!! setelah mengaspal puluhan ribu kilometer…karet ini menjadi empuk dan hancur…serpihan2 karet peredam ini akan menyumbat pompa oli dan mengakibatkan kerusakan parah pada mesin…..karena jalur oli gak lancar…ya udah piston baret,noken as baret….templar/pelatuk juga aus!! ambyar mesin yang diawali dengan bunyi kasar pada head mesin!!

nah untuk kopling set GL…ada perbedaan…

Kopling set GL

nah sekarang lihat pada bagian gigi sekunder….diatasnya tidak ada bos dan nok/cangkolan spi…nya….tapi memakai model alur!!! dijamin lebih kuat dan tidak berisik seperti pada tiger….

kopling GL lebih mepet!!

koplingHouse GL juga lebih mepet ke gigi sekunder… indikasi oblak atau serpihan karetnya hancur dan menyumbat jalur oli juga jarang terjadi….simpel dan tidak merepotkan!!

ralat kurniaproridermengatakan:

karet peredam untuk keluarga CB100, GL sampe Tiger ada semua

inilas as kopling GL series

inilah as kopling house GL series…..model berundak dan dilengkapi alur!!! so…jika ingin memodif, dilihat dulu detail konstruksinya…jangan setelah membuang duit banyak baru bingung…kok gak bisa dipasang…wekekekekekekke……………oh iya perbandingan gigi primer vs sekundernya juga berbeda antara 2 spesies GL tersebut!!

Nb: gambar sebagian diambil dari om gugel………(males kalo harus pecicilan bongkar2)

35 thoughts on “Kopling GL vs Tiger…beda mas bro!!! Ati2 kalo mo modif…

    • liat gambarnya kang…model gir sekunder tiger sama kayak gir belakang motor bebek…cuma kalo motor bebek modelnya diselobokke (boso jakartane opo yo??))
      nah kalo di tigi dikeling/klem…lha kalo gak dikasih karet peredam yo nggaduk!! duk…duk…

      • ooo… ya ya ya…
        inget waktu suzuki trs ku juga gitu. didalemnya ada sekitar 5 karet berwarna biru. begitu hancur langsung bunyi gladak gladak.
        lha maksudku kui, berarti tigi lebih jadul daripada GL yak? lha trs ku tahun 88.

      • sebenere lebih baik (maksudnya)…dengan konstruksi seperti itu getaran bisa dikurangi akibat besarnya bandul kruk-as yang berputar, tapi karna bahan karetnya gak std alias abal2…cepet oblak!!

  1. oh ya mas punya saya CB100 baiknya kl ganti kopling set punyaal Gl series atau Tiger Mas bro, trus untuk Gigi Primer and scunder juga baik nya punya Gl Series atau Tiger mas bro mohon pencerahanya mas bro biar ga sia-sia ngemodifnya

  2. cb 100 th 73 ane jg pengen ganti pake kopling set neotech, saya mau tanya tinggal plug n play atau ada penyesuaian?? n harus ganti bak kopling g,,,

    • namanya modif ya gak PnP….ukuran drek laker CB dan neotek gak sama….kalo cuma ganti kopling saja gak bisa….gigi primer dan pompa oli juga wajib diganti

  3. Bos,,mau nanya niieh…
    aku pnya GL125 thn 1980,As kruk udh tiger,silinder pro+pistonx dg paking 7mm,koopx msih standar cman udh diubah kleepx teger+nokenx juga tk gnti pnya tiger,magnit pnya GL plus kater kiri GL series biar pas bautnya,,,kopleng set masih standart la rencanax mau tk ganti…………….,tp aku bingung bagusan pnya’e tiger apa pro yaa,,dan klo diganti kopling setx apa kater kanan tetep bisa dipakai(aku pngene klihatan radak jadul gitu)
    mohon pencerahannya,,,matur thank yuu sbelume.

  4. Mas mau tanya,,
    Punya saya GL-MAX block kop dan isinya punya tiger,,
    As kruk juga tiger,,
    rencana mw ganti Rasio Tiger juga,,kira2 pemasangannya gimana???ada yang perlu diubah??atau mungkin perlu ganti Coupling???
    Terimakasih mas,,,

  5. Begawan.. karet rumah kopling yang orignal katanya gk ada yg jual. Kudu mesti beli sama rumah koplingnya. Kalo pake karet rumah kopling KW cma bertahan 3 bln. Mohon solusi begawan

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s