SYARAT2 KETIKA MAU MUTASI MOTOR…..

[http://5osial.wordpress.com] Menindak lanjuti tulisan sebelumnya……ah bahasanya terlalu formal banget..kayak dirapat2…ahihihihi…lanjot tentang syarat2 mutasi motor gan!!!

HAL2 APA SAJA sih yang perlu di siapin  supaya proses Mutasi Lancar???

1. Motor , tapi motornya yang jelas asal-usulnya…diketaui dari nomor rangka dan nomor mesin yang tembus dengan surat resmi saat cek fisik dilakukan

2. Surat pengajuan/permohonan mutasi dari polres yang baru + BPKB & STNK ASLI

3. surat keterangan kendaraan (dipakai) saat motor dibawa jalan saja

4. KTP pemohon

5. Faktur pembelian + kuitansi jual beli (disertai materai)

Setelah Komplit semua syarat2 dibawa ke polres lama (dalam kasus supra fit begawan kolor ijo) adalah Polres tangerang, Langsung menuju samsat pusat bro, kalo tangerang yang letaknya di selatan BSD JUNCTION……..

disana langsung menuju loket mutasi, beli formulir seharga 350 ribu………(motor supra fit)

trus biaya registrasi 25 ribu………….

ketika proses tersebut selesai, STNK dan BPKB asli di tinggal…sebulan setelahnya baru diambil….prosesnya memang lama karena kalo mutasi antar propinsi harus mengurus FISKAL segala, nah urusan itu juga ditangani samsat!!

disini bro fungsinya surat keterangan kendaraan, selama proses pengurusan FISKAL surat keterangan itu sebagai bukti kalo STNK asli dalam proses!!

setelah FISKAL selesai diproses, ente datang lagi ke samsat lama…mbayar lagi 35ribu….Nah berarti acara cabut berkas lama sudah beres…tinggal memasukkan berkas ke samsat yang baru!!!

dah gitu dulu..dilanjot lain waktu….semoga bermanfaat, jika proses yang bro alami berbeda mungkin kasusnya lain…soalny ketika begwan cabut berkas (mutasi) dari sragen ke klaten prosesnya berbeda….!!!

12 thoughts on “SYARAT2 KETIKA MAU MUTASI MOTOR…..

  1. pengalaman mutasi antar propinsi bawa tigi97 dari jakarta ke mojokerto baru aja 2009 maren.
    setelah cabut bendel/berkas beres, sebelum ke samsat mojokerto rupanya harus minta surat keterangan mutasi dari polda jatim, ya udah ke surabaya dulu plus ngeluarin kocek 125rb..
    mari ngono ke samsat mojokerto, mulai dari cek fisik, pajak ampe plat nomor keluar, ga sampe 250rb.. proses 2 hari..
    eh salam kenal gan danan.. :mrgreen:

  2. aku tinggal dikarawang,beli motor pakai ktp karawang,saiki aku pindah ke cikarang,ktp sudah ktp cikarang,lha motorku stnk ne karawang,pingin pajak kesamsat karawang ga duwe ktp karawang,lha mosok harus ada kwitansi jual beli segala kalau mau mutasi motor,piye yo??????

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s